Begini Kondisi Jemaah Umrah Travel Kalimantan yang Terdampar di Bekasi

Begini Kondisi Jemaah Umrah Travel Kalimantan yang Terdampar di Bekasi

Jemaah umrah asal Sambas Kalimantan yang terdampar di Kota Bekasi.--

Begini Kondisi Jemaah Umrah Travel Kalimantan yang Terdampar di Bekasi

Jemaah umrah PT. Rihlah Assofa Amanah asal Kalimantan Barat yang terdampar di Kota Bekasi, sebagian masih berada di Hotel OYO Bekasi Trade Center (BTC).

Berdasarkan pantauan langsung fin.co.id siang hari ini, para jemaah yang terluntang lantung tanpa jadwal tidak seramai sebelumnya.

BACA JUGA:Kabar Baik, THR ASN dan Karyawan Swasta Dibayar Paling Lambat 18 April 2023

Salah satu jemaah umrah, Riyadi mengatakan, saat ini rombongan telah terbagi dua sesuai dengan hasil keputusan dari masing-masing jemaah.


Salah satu jemaah umrah bernama Riyadi saat ditemui di penginapan-Tahta Aldo-

"Saat ini jumlah jemaah yang memutuskan untuk pulang kembali ke kampung 14 orang, sedangkan 22 jemaah memilih melanjutkan umrah," kata Riyadi saat ditemui fin.co.id Senin 27 Maret 2023 sore.

Menurutnya, rombongan yang memilih untuk melanjutkan ibadah umrah telah dipindahkan menggunakan bus pariwisata ke Hotel yang dekat dengan Bandara Internasional Soekarno Hatta Jakarta.

"Mereka dijemput menggunakan bus, akan diberangkatkan menggunakan Firman Center Indonesia," ucapnya.

BACA JUGA:Dijanjikan Berangkat Ke Tanah Suci, Puluhan Jemaah Travel Umrah Asal Kalimantan Terdampar di Bekasi

Riyadi menjelaskan, pihak yang mengalihkan 22 jemaah ke Firman Center Indonesia dari PT. Rihlah Assofa Amanah adalah Firman.

Namun ia da 14 jemaah lainnya memilih kembali ke kampung halaman, karena sebelumnya sudah terluntang lantung tanpa jadwal akibat Erna dan Firman.

"Iya kami takut, alasannya menunggu sudah terlalu lama, banyak janji, dari tanggal 10,18,19,20, sampai 21,23,25 gak ada yang tepat janji (berangkat umroh)," jelasnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa Erna telah menjanjikan untuk memulangkan 14 jemaah ke kampung halaman, namun hingga kini belum ada kepastian jadwal.

BACA JUGA:Asyik, THR Honorer atau Non ASN Dibayarkan Satu Minggu Sebelum Lebaran

"Bu Erna (yang akan memulangkan), sudah membuat perjanjian tertulis akan memberangkatkan jemaah yang ingin berangkat pulang ke kampung," ungkapnya.

Selain itu, Erna juga menjanjikan mengembalikan uang jemaah PT. Rihlah Assofa Amanah yang memilih pulang kembali ke kampung halaman.

"Maunya jemaah uang dikembalikan, pernyataan bu erna barusan di kabupaten sambas ingin mengembalikan uang jemaah (14 Jemaah)," terangnya.

Sebelumnya puluhan Jemaah Umrah asal Kalimantan Barat yang dijanjikan akan betangkat ke Tanah Suci, justru terdampar tidak jelas tanpa kepastian di Kota Bekasi.

BACA JUGA:Jokowi: Anggaran Buka Bersama Bisa Dialihkan ke Fakir Miskin

Seluruh jemaah umrah yang terdampar tanpa adanya kepastian jadwal, diinapkan di Hotel OYO Bekasi Trade Center (BTC) Bekasi Timur.

Para calon jemaah umrah, Riyadi Kusmadani mengatakan, seluruh jemaah yang terdampar telah membayar lunas kepada Marketing PT. Rihlah Assofa Amanah bernama Erna.

Calon jemaah umrah yang terlantar, membayar lunas biaya yang bervariatif mulai dari Rp 34 juta sampai Rp 35 juta sebelum akhirnya dijanjikan berangkat.

Namun Riyadi menegaskan, pihak travel PT Rihlah Assofa Amanah mempunyai alasan bermacam macam sehingga rombongan saat ini terlantar di Kota Bekasi.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: