Berikut Link Jadwal Imsakiyah Kemenag

Berikut Link Jadwal Imsakiyah Kemenag

Jadwal imsakiyah dan buka puasan Ramadan 2023-suaramuhammadiyah.id-suaramuhammadiyah.id

Berikut Link Jadwal Imsakiyah Kemenag- Bulan suci Ramadan 1444 Hijriah atau bulan puasa 2023 telah riba. Umat Islam dianjurkan untuk meningkatkan amalan kebaikan dari yang wajib dan yang sunnah.

Puasa Ramadan hukumnya wajib karena merupakan perintah Allah ta'ala yang termuat dalam Alquran surat Albaqarah ayat 183 yang Indonesianya:

"Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

Nah, untuk menjalankan puasa Ramadan, Rasulullah menganjurkan umatnya untuk makan sahur di waktu dini hari. Sehingga hukum sahur adalah sunnah yang dianjurkan. 

BACA JUGA:Download Jadwal Buka Puasa dan Imsakiyah Ramadan 2023 di Sini

BACA JUGA:Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Ramadan 2023 Resmi Kemenag, Cek Langsung di Sini

Sahur juga ada batasnya. Di Indonesia batasan sahur disebut imsyak. Dengan kata lain, Imsyak adalah waktu yang digunakan sebagai penanda waktu dimulainya puasa Ramadan.

Waktu insyak dimulai dari masuknya waktu Subuh hingga waktu terbit fajar. 

Pada saat imsak, umat Muslim yang berpuasa diwajibkan untuk menahan diri dari makan, minum, dan segala hal yang dapat membatalkan puasa, hingga waktu berbuka puasa tiba pada waktu Maghrib. 

Imsyak biasanya diumumkan melalui pengeras suara di masjid atau melalui jadwal waktu imsak yang disebarkan oleh lembaga keagamaan.

BACA JUGA:Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Ramadan 2023 Seluruh Kota-Kota Besar di Indonesia

BACA JUGA:Hukum Gosok Gigi saat Puasa Ramadan, Simak Baik-Baik di Sini

Selain itu, Kementerian Agama (Kemenag) juga setiap tahunnya menerbitkan jadwal waktu imsyak untuk masyarakat Islam Indonesia di seluruh wilayah. 

Anda bisa mendapatkan jadwal waktu Imsyak dengan download ke perangkat. Sehingga bisa dicetak atau diprint, atau disimpan di perangkat. 

Cara download waktu Imsyak Kemenag: 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: