Siapa Artis Inisial P Terlibat Pencucian Uang Triliunan Rupiah? Ini Ciri-Cirinya

Siapa Artis Inisial P Terlibat Pencucian Uang Triliunan Rupiah? Ini Ciri-Cirinya

Ilustrasi pencucian uang atau money laundry-Pexels-Pexels

"Bentuk bisnis ini kami masi deteksi, yakni bentuk pusat-pusat kebugaran kesehatan, kecantikan atau skincer. Ada juga bisnis butik. Dan yang terbawa itu adalah bisnis petshoope" katanya. 

"Jadi kurung waktu 2019 sampai 2022. Cenderung bisnis ini tumbuh. Mereka ini cenderung menggunakan publik figur atau selebritis untuk  endors produk mereka bisnis yanng selama ini dikategorikan bisnis hitam untuk dicuci menjadi lebih putih" paparnya. 

Dia bilang bahwa pihak yang diduga melalukan praktik pencucian uang dan bekerja sama dengan artis yaitu salah satu perusahaan yang sahamnya 100 persen milik pemerintah provinsi. 

Kemudian bank-bank daerah mengalirkan dana yang namanya biaya komisi. 

Kata dia, pembayaran komisi ini, menurut catatan di perusahaan tersebut peruntukannya untuk para Gubernur, pada periode 2018 sampai 2022.

"Perusahaan ini untungnya contoh Rp100 miliar tapi komisi yang diberikan pada pihak pemerintah daerah itu adalah rata-rata Rp700 miliar. Jadi setelah akumulasi 5 tahun, kami menemukan angka Rp4,405 Triliun yang diberikan sebagai biaya komisi," Papar Sitorus. 

"Yang pertama kami lihat ketidak baikan atau maladministrasi manajemen yang keliru pada perusahaan ini. Dalam perjalanannya uang-uang ini ternyata teralokasikan dalam bentuk bentuk bisnis," paparnya. (*) 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: