Kemenpan RB: Tes CASN dan PPPK 2023 Difokuskan untuk Dua Formasi

Kemenpan RB: Tes CASN dan PPPK 2023 Difokuskan untuk Dua Formasi

Ilustrasi aparatur sipil negara (ASN).--

Kemenpan RB: Tes CASN dan PPPK 2023 Difokuskan untuk Dua Formasi

Menpan RB Abdullah Azwar Anas menyebut, tes calon aparatur sipil negara (CASN) dan PPPK 2023 difokuskan untuk formasi tenaga kesehatan dan pendidik.
 
Menpan RB Azwar Anas mengatakan, arahan Presiden Jokowi, CASN atau PPPK tenaga pendidikan dan kesehatan akan menjadi prioritas yang harus diselesaikan Kemenpan RB.

"Pada 2022 telah disiapkan 700 ribu formasi tetapi baru diserap daerah 400 ribu sehingga akan kita buka lagi (CASN/PPPK) pada 2023," kata Anas dilansir Senin 20 Maret 2023.

BACA JUGA:Kementerian PANRB Pastikan Seleksi Kompetensi PPPK Tenaga Teknis Transparan dan Akuntabel
 
Dengan adanya pelaksanaan tes CASN dan PPPK guru dan tenaga pendidikan, dapat diselesaikan bersama-sama oleh pemerintah pusat dan daerah.
 
Kemudian, untuk formasi PPPK di daerah harus didiskusikan ulang oleh gubernur dan DPRD agar dapat terpenuhi sesuai dengan kebutuhan daerah dan harapan masyarakat.
 
Terkait anggaran untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2023 berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

"Untuk anggaran penggajian PPPK tersebut akan berbagi antara pemerintah pusat dan daerah. Meskipun ada beberapa daerah yang tidak mengusulkan secara maksimal karena keterbatasan anggaran," katanya.
 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: