Tanda-tanda Hamil, Ini Perubahan dan Efeknya terhadap Tubuh Wanita

Tanda-tanda Hamil, Ini Perubahan dan Efeknya terhadap Tubuh Wanita

Tanda-tanda Hamil, Image oleh Shaila19 dari Pixabay--

Menurut dr. Riza Marlina, tanda-tanda hamil yang tidak lagi dirasakan bukanlah sesuatu untuk dikhawatirkan. 

“Jadi jika bunda sedang tidak merasakan gejala hamil, bunda tidak perlu khawatir karena itu bukan patokan nya ya bunda,” kata dr. Riza Marlina seperti dikutip FIN dari Alodokter. 

Kecuali jika ibu hamil, lanjut dr. Riza, mengeluhkan beberapa gejala seperti kram perut hebat dan keluar darah, maka tidak perlu berpikir yang macam-macam. 

Apa yang harus dilakukan jika perut kram hebat saat hamil? dr. Riza Marlina menyarankan untuk segera periksa kondisi ke dokter kandungan, meski di luar dari jadwal kontrol bulanan. 

‘Saran saya untuk mengetahui kehamilan bunda sehat, sebaiknya untuk melakukan pemeriksaan rutin kehamilan sesuai jadwal yang ditentukan oleh dokter”. 

“Namun bunda bisa ke dokter jika memang ada keluhan, tanpa menunggu jadwal kontrol berikutnya. Serta saran saya untuk bunda tetap jaga kesehatan serta konsumsi multivitamin kehamilan yang mengandung asam folat, zat besi dan lainnya yang diberikan oleh dokter,” tutupnya. 

Tips Kehamilan Pertama 

Kehamilan pertama tentu sebuah pengalaman baru dan membingungkan bagi sang calon ibu. 

Pertanyannya, apakah yang harus diketahui oleh mereka yang hamil untuk kali pertama? 

Itu adalah salah satu pertanyaan yang diurakan seorang calon mommy baru, di salah satu situs telemedicine terkemuka Tanah Air. 

Well untuk yang satu ini, langsung saja dengar apa kata dr. Nadia Nurotul Fuadah kala menjawab pertanyaan ini di Alodokter. 

"Bagi pada calon ibu baru, kehamilan pertama kali memang tidak selalu mulus,"   

"Tidak jarang, muncul beragam kekhawatiran akan bagaimana caranya merawat janin dalam kandungan dan mengatasi beragam keluhan yang muncul selama kehamilan". 

Oleh sebab itu, langkah pertama yang diambil calon ibu baru, adalah memeriksakan kondisi mereka ke dokter, atau dokter spesialis kandungan. 

"Biasanya, dokter akan melakukan wawancara komprehensif, pemeriksaan fisik, dan juga tes penunjang seperti USG, tes urin, tes darah, dan sebagainya untuk menilai status kesehatan Anda dan janin yang Anda kandung secara umum," jelasnya. 

Selanjutnya, ada beberapa tips dari dr. Nadia Nurotul Fuadah, bagi calon mommy untuk mempraktekanna dalam keseharian. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: