Isu Credit Suisse Bank Bikin Kurs Rupiah Drop Pagi Ini, Pengamat Bilang Begini

Isu Credit Suisse Bank Bikin Kurs Rupiah Drop Pagi Ini, Pengamat Bilang Begini

Ilustrasi - Credit Suisse Bank-Ono Kosuki-pexels

BACA JUGA:Asyik Nominal Transfer BCA Turun dari Rp10.000 Jadi Rp1, Nomor Layanan SMS Juga Diubah

BACA JUGA: Laporan Posisi Keuangan yang Harus Diketahui Setiap Perusahaan

Saham-saham di Credit Suisse, yang berjuang untuk pulih dari serangkaian skandal, telah terpukul selama 12 bulan terakhir. Saham itu bernilai sekitar 80 franc Swiss pada tahun 2008, tetapi menyusut menjadi 1,55 franc Swiss pada Rabu 15 Maret 2023 kemarin.

Penurunan terbaru dipicu ketika pemegang saham terbesarnya, Saudi National Bank, mengatakan tidak dapat memberikan bantuan keuangan lebih lanjut untuk pemberi pinjaman yang kesulitan itu. Klien-klien kaya telah menarik miliaran dari bank.

Credit Suisse sedang melakukan perombakan besar-besaran, memotong biaya dan pekerjaan serta menciptakan bisnis terpisah untuk bank investasinya.

Di sisi lain, Ariston menuturkan pelemahan rupiah bisa tertahan karena krisis perbankan tersebut memperbesar kemungkinan Bank Sentral AS atau The Fed akan menahan suku bunga acuannya atau tidak terlalu agresif menaikkan suku bunganya pada rapat mendatang.

BACA JUGA:Pertumbuhan Laba Diiringi Penguatan Pencadangan, BRI Terapkan Manajemen Risiko yang Prudent

BACA JUGA:Siap-siap! Bakal Ada KUR Mikro Pemerintah Dengan Bunga 0 Persen

Ia memproyeksikan potensi pelemahan rupiah ke arah Rp15.400 per dolar AS, dengan peluang tertahan di kisaran 15.350 per dolar AS.

Pada Rabu 15 Maret 2023 kemarin, rupiah ditutup menguat tiga poin atau 0,02 persen ke posisi Rp15.382 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp15.385 per dolar AS.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: