Foto dan Video Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens Bersama KKB Papua Diidentifikasi, Polisi: Lama atau Baru

Foto dan Video Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens Bersama KKB Papua Diidentifikasi, Polisi: Lama atau Baru

Pilot Susi Air Philip Mark Merthens yang saat ini disandera KKB pimpinan Egianus Kogoya di Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan.--

Foto dan Video Pilot Susi Air Philip Mark Mahrtens Bersama KKB Papua Diidentifikasi, Polisi: Lama atau Baru - Video dan foto-foto pilot Susi Air Philip Mark Mahrtens yang beredar akan diidentifikasi aparat keamanan.

Komandan Satgas Damai Cartenz Kombes Faizal Rahmadani menyebut identifikasi dilakukan untuk mengetahui keaslian dan juga waktu pembuatannya.

Diketahui Pilot Susi Air berkebangsaan Selandia Baru tersebut tengah disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua pimpinan Egianus Kogoya.

"Tim masih mengidentifikasi keaslian video yang berisi penyataan pilot Susi Air," katanya dilansir Antara, Jumat, 10 Maret 2023.

 BACA JUGA:Panglima TNI Tolak Bantuan Selandia Baru Cari Pilot Susi Air: Saya Masih Mampu

Dikatakannya, selain itu pihaknya juga ingin mengetahui apakah video dan foto-foto yang beredar itu baru atau lama.

Saat ini, Tim Satgas masih terus mencari lokasi dimana KKB Papua menahan sandera yang berprofesi sebagai pilot Susi Air.

Pilot Philip Mark Mahrtens disandera sejak tanggal 7 Februari lalu sesaat setelah mendaratkan pesawatnya di lapangan terbang Paro, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan.

Tidak hanya itu, KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya juga membakar pesawat Pilatus milik Susi Air.

BACA JUGA:Penjelasan Susi Air Soal Penyanderaan Pilot oleh KKB Papua, Komunikasi Satu Arah hingga Uang Tebusan

Diakui Faizal, pihaknya telah memperluas pencarian tidak saja di wilayah Kabupaten Nduga tetapi sudah sampai ke Kabupaten Lanny Jaya.

Namun sejauh ini belum ada tanda-tanda keberadaan pilot Philip sehingga diduga Egianus Kogoya dan kelompoknya menyembunyikan sanderanya dengan berpindah-pindah.

Dalam video yang tersebar di media sosial pilot Philips menyatakan dirinya akan dibebaskan bila bangsa Indonesia memberikan kemerdekaan kepada bangsa Papua Barat, dan meminta PBB untuk memediasi Indonesia dan Papua agar segera membebaskan dirinya.

Video yang berdurasi kurang dari satu menit nampak pilot Philip mengenakan jaket berwarna biru didampingi Egianus Kogoya dan anggota KKB lainnya yang membawa senjata laras panjang dan pendek serta senjata tradision

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: