Resmi Serahkan Surat Pengunduran Diri, Zainudin Amali: Menpora Baru Harus Lanjutkan DBON

Resmi Serahkan Surat Pengunduran Diri, Zainudin Amali: Menpora Baru Harus Lanjutkan DBON

Zainudin Amali saat masih menjabat sebagai Menpora RI.-kemenpora.go.id-

Resmi Serahkan Surat Pengunduran Diri, Zainudin Amali: Menpora Baru Harus Lanjutkan DBON - Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Zainudin Amali resmi menyerahkan surat pengunduran dirinya.

Surat pengunduran diri Zainudin Amali sebagai Menpora diserahkan ke Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, sebab Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang melakukan kunjungan kerja, Kamis, 9 Maret 2023.

Usai menyampaikan surat penguduran diri, Zainudin Amali berharap sosok yang akan dipilih sebagai Menpora baru melanjutkan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

"Kita punya Perpres No 86/2021 dan Undang-undang Keolahragaan. Itu harus segera didorong, misalnya undang-undang perlu turunannya, PP (Peraturan Pemerintah) dan sebagainya itu harus," katanya, Kamis, 9 Maret 2023.

BACA JUGA:Soal Pengganti Menpora Zainudin Amali, Jokowi: Surat Pengunduran Diri Belum Ada, Kok Mau Diganti

"Untuk Desain Besar Olahraga Nasional sudah jalan, harus didorong, dipicu lagi untuk implementasinya. Sebab dari awal kita sepakat ini tidak sekadar peraturan presiden di atas kertas, tapi harus bisa diimplementasikan. Makanya ketuanya Pak Wapres langsung, anggotanya menteri-menteri, di provinsi ada gubernur kemudian bupati walikota, itu saja yang dikerjakan," lanjutnya.

Zainudin Amali juga mengingatkan sejumlah kegiatan "multievent" yang akan berlangsung ke depan.

Seperti SEA Games di Kamboja dan Asian Games di China 2023 serta Olimpiade di Paris, Prancis 2024.

"Kualifikasi sudah jalan dari sekarang yakni untuk Olimpiade Paris 2024. Pekerjaan-pekerjaan ini sedang dikerjakan. Kami sudah rapat dengan 'tim review', kemungkinan kita akan kehilangan banyak medali karena banyak cabang olahraga saat kita menjadi juara umum di (SEA Games) Vietnam lalu tidak dimainkan (tahun ini), maka harus dicari penggantinya," katanya.

BACA JUGA:Zainudin Amali Mundur dari Menpora, Ketum Golkar Bilang Begini

Dia juga menjelaskan pemerintah tidak menjadikan SEA Games sebagai sasaran prestasi olahraga nasional.

"Dia (SEA Games) hanya sasaran antara. Insya Allah saya juga tetap memberi dukungan sepanjang Menpora (selanjutnya) minta masukan atau mengajak diskusi, pasti saya bantu karena secara emosional saya terlibat dari awal tentang DBON dan UU No 11 tentang Keolahragaan. Saya juga masih di lingkungan yang sama," ungkap Amali.

Sebelumnya Zainudin Amali menyebutkan Presiden Jokowi telah mengizinkannya dirinya fokus mengurus sepak bola nasional setelah terpilih sebagai Wakil Ketua Umum I Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: