Kucurkan Dana Rp 5,902 Triliun, Menteri Keuangan Sri Mulyani Lakukan Inspeksi ke Tol Jogja-Solo

Kucurkan Dana Rp 5,902 Triliun, Menteri Keuangan Sri Mulyani Lakukan Inspeksi ke Tol Jogja-Solo

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat meninjau progres pembangunan jalan tol Solo-Jogja, Senin 27 Februari 2023-Jasa Marga-Jasa Marga,

Kucurkan Dana Rp 5,902 Triliun, Menteri Keuangan Sri Mulyani Lakukan Inspeksi ke Tol Jogja-Solo - Kementerian Keuangan RI sebagai pengelola dana APBN memiliki komitmen untuk terus mendukung Proyek Strategis Nasional (PSN) yang terus memiliki peran penting bagi masyarakat, baik bagi kesejahteraan masyarakatnya dan bagi perekonomian regionalnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan hal tersebut dalam inspeksinya ke Proyek Jalan Tol Ruas Solo – Yogyakarta – YIA Kulon Progo di Karanganyar – Jawa Tengah 27 Februari 2023.

BACA JUGA:Presiden Targetkan Infrastruktur Siap 2024, Brantas Abipraya Akselerasi Progress Pembangunan IKN

BACA JUGA:BNI dan Kementerian PUPR Bersinergi Fungsikan Hunian Smart Village di Ibu Kota Nusantara

Dalam kegiatan ini Sri Mulyani hadir bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Didampingi pula oleh Direktur Utama Lembaga Manajemen Aset Negara Basuki Purwadi, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR Danang Parikesit. 

Serta hadir pula Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Bupati Klaten Sri Mulyani, Wakil Bupati Boyolali Wahyu Irawan serta jajaran pejabat dari Kementerian dan Pemerintah Daerah Jawa Tengah lainnya.

“Saat ini kemajuan karena adanya Proyek PSN semakin terlihat, baik yang telah dirasakan secara langsung pada masyarakat yang menerima uang ganti untung maupun dari sisi dampak PSN tersebut terhadap kegiatan perekonomian yang lebih besar. Kementerian Keuangan sebagai pengelola dana APBN memiliki komitmen untuk terus mendukung PSN yang memiliki peran sangat penting bagi masyarakat, bagi kesejahteraan dan bagi perekonomian” ujarnya, dikutip dari keterangan tertulis, Selasa 28 Februari 2023.

APBN dalam hal ini membantu pelaksanaan proyek-proyek PSN melalui dukungan anggaran yang sangat nyata salah satunya yaitu dukungan dalam bentuk pengadaan lahan yang dikelola oleh badan pelayanan umum di bawah Kementerian Keuangan yaitu Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN).

BACA JUGA:Target Rampung 2024, Menteri Basuki Dampingi Jokowi Tinjau Tol di IKN, Begini Penampakannya

BACA JUGA:STOP! Tahun 2030 Warga DKI Jakarta Tak Boleh Lagi Ambil Air Tanah

Pembiayaan pengadaan lahan untuk Tol Jogja-Solo hingga saat ini adalah sebesar 5,902 Triliun. Dana yang dikucurkan ini masih bertambah dengan dukungan Kementerian Keuangan melalui Penyertaan Modal Negara dari APBN ke BUMN sebesar Rp1,401 triliun kepada PT Adhi Karya (Persero) Tbk. 

Penyertaan Modal Negara ini telah sesuai dengan instruksi Presiden RI Joko Widodo untuk harus difokuskan pada penyelesaian-penyelesaian Proyek Strategis Nasional. 

Selaras dengan Menteri Keuangan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa dengan dukungan Kementerian Keuangan ini, maka terbentuklah saling monitoring pada Pelaksanaan PSN. 

“Kementerian PUPR hanya bertugas untuk membelanjakan dan membangun, untuk pengadaan tanah disediakan oleh Kementerian Keuangan sehingga terdapat saling monitoring pada PSN, checks and balances” ujarnya

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: