Besok! DJKA Buka Pendaftaran Motis 2023 yang Tersedia 10 Ribu Slot, Catat Syaratnya

Besok! DJKA Buka Pendaftaran Motis 2023 yang Tersedia 10 Ribu Slot, Catat Syaratnya

Illustrasi motis 2023 dari DJKA -@ditjenperkeretaapian-Instagram

Besok! DJKA Buka Pendaftaran Motis 2023 yang Tersedia 10 Ribu Slot, Catat Syaratnya - Berikut cara dan syarat pendaftaran program Motis 2023 dari DJKA. 

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) gelar program Motis (Motor Gratis) 2023.

DJKA adakan program motis gratis sebagian bentuk dukungan Angkutan Lebaran 2023. Ini merupakan program rutin yang selalu diadakan DJKA pada tiap tahunnya.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, Djarot Tri Wardhono menyampaikan jika motis 2023 ini ditargetkan akan siapkan 40 ribu penumpang secara gratis.

BACA JUGA: Link Mudik Gratis 2023 mudikgratis.dephub.go.id dan Syarat Mudik Gratis 2023

"Tahun ini kami akan siapkkan sebanyak 10.440 slot motor yang secara gratis dikirimkan ke lokasi tujuan mudik penumpang pada Lebaran mendatang, terlebih di tahun ini kami sediakan kapasitan Motis jauh lebih banyak dari pada tahun lalu, karena kondisi Covid-19 saat ini sudah jauh lebih kondusif," ucap Djarot dikutip fin.co.id dari laman DJKA.dephub.go.id pada Selasa 28 Februari 2023.

Pada tahun ini, kapasitas penumpang dan unit sepeda motor yang disediakan pelayanannya jauh lebih meningkat ketimbang tahun lalu.

Tahun ini DJKA menargetkan sebanyak 46.720 penumpang akan diberangkatkan dalam program tahun ini.

Motis 2023 akan melayani tiga lintas pelayanan yaitu: Lintas Utara dengan rute Cilegon - Jakarta Gudang - Semrang Tawang.

Lintas Tengah dengan rute Jakarta Gudang - Purwosari dan Lintas Selatan dengan rute Kiraracondong - Purwosari.

Djarot berharap perjalanan mudik tahun ini masyrakat lebih terakomodir.

"Dengan tiga lintas pelayanan angkutan motid di tahun ini, diharapkan perjalanan mudik masyrakat lebih terakomodir dengan baik, momen ini sekaligus mengajak masyarakat agar dapat mudik dengan aman, nyaman, dan selamat," ungkap Djarot.

"Karena, melihat data-data periode lebaran sebelumnya, tingkat kecelakaan kendaraan roda dua selama periode mudik cukup tinggi, sehingga dengan adanya program motis ini, lakalantas roda dua dapat diminimalisir. Selain itu, untuk mengoptimalkan keselamatan dan kenyamanan penyelenggaraan motis di tahun ini, DJKA juga akan mengintegrasikan angkutan motis dengan pelayanan KA PSO di mana peserta program motis akan mudik bersama kendaraan motornya dengan tarif yang sangat terjangkau, cukup membayar tarif mulai 10 ribu hingga 20 ribu rupiah saja  peserta motis dapat bermudik ke kampung halamannya," sambungnya.

BACA JUGA:Kimia Farma Gelar Mudik Gratis Lebaran 2023 Bareng BUMN, Buruan Daftar

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: