Paling Inovatif Wujudkan Transisi Energi di Tanah Air, Dirut PLN Kembali Sabet Penghargaan

Paling Inovatif Wujudkan Transisi Energi di Tanah Air, Dirut PLN Kembali Sabet Penghargaan

Paling Inovatif Wujudkan Transisi Energi di Tanah Air, Dirut PLN Kembali Sabet Penghargaan--

"Terima kasih atas penghargaan ini, penghargaan ini semua tentunya karena dukungan semua pihak. Pak Menteri, Pak Dirjen. Di sini juga ada Pak Ketua Komisi VII," ujar Darmawan.

Darmawan juga menegaskan, komitmen PLN dalam mewujudkan transisi energi. Hal ini karena emisi gas rumah kaca semakin meningkat yang membuat bumi semakin memanas.

Selama 25 tahun ke depan, PLN  menurunkan 1,8 miliar ton CO2 dengan mempensiunkan 13 Gigawatt (GW) pembangkit listrik tenaga uap (PLTU). Serta mengurangi 200 juta ton CO2 dengan mengganti  1,1 GW PLTU Batubara dengan pembangkit berbasis energi baru terbarukan (EBT).

Dalam kurun waktu yang sama, PLN juga akan mengurangi emisi 2,4 juta ton CO2 dengan mengganti 800 Megawatt PLTU Batubara dengan dikonversi ke gas. Selain itu, PLN juga akan menurunkan 200 juta ton CO2 dengan membatalkan tanda tangan jual beli listrik (PPA) 1,4 GW PLTU.

Tidak hanya itu, Darmawan menambahkan, perseroan juga telah memiliki _roadmap_ transisi energi menuju NZE 2060. Salah satunya melalui Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2021-2030 yang mendorong pengembangan energi baru terbarukan (EBT) dengan menambah 51,6 persen atau 20,9 GW pembangkit EBT.

"Apakah itu sudah cukup? Masih belum cukup, Tadinya emisinya satu miliar ton di tahun 2060. Kita ubah menjadi _zero_ ton di tahun 2060," tambah Darmawan.

Darmawan menegaskan PLN ke depan tidak hanya fokus di bidang kelistrikan tetapi juga mewujudkan upaya transisi energi di Indonesia. 

"Tugas utama kami adalah menyediakan listrik. Namun ke depan, tugas utama kita juga menjaga lingkungan. Apa itu listrik? Ini salah satu produk kami," pungkas Darmawan.

Sebagai informasi, IBEA 2023 merupakan ajang penghargaan bergengsi bagi perusahaan di bidang kelistrikan dalam negeri yang diselenggarakan oleh Majalah Listrik Indonesia sejak tahun 2015. (*) 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: