Doa Mandi Wajib Hingga Petunjuk Pelaksanaannya, Muslim Harus Tahu!

Doa Mandi Wajib Hingga Petunjuk Pelaksanaannya, Muslim Harus Tahu!

Ilustrasi - Doa mandi wajib bagi umat Islam (Ist)--

Doa Mandi Wajib Hingga Petunjuk Pelaksanaannya, Muslim Harus Tahu! - Mandi wajib adalah sebuah aktivitas yang harus dilakukan seorang muslim, agar terbebas dari hadas besar, seperti keluarnya sperma dari tubuh, bersetubuh, haid, nifas dan hadas akibat melahirkan. 

Mandi wajib harus dilakukan agar tubuh kita suci, sebelum  kita bisa melakukan ibadah lainnya seperti Salat, Puasa, termasuk juga menunaikan Ibadah Haji. 

BACA JUGA:Begini Niat Puasa Bulan Syaban dan Amalan yang Dianjurkan Nabi

Mandi wajib sendiri berkaitan dengan ibadah dalam Islam, baik ibadah fardhu maupun sunnah. 

Ketika dalam keadaan junub atau kotor, seorang muslim dilarang melaksanakan salat, berdiam diri atau duduk di masjid, tawaf atau mengelilingi Ka'bah, melafalkan ayat Al-Quran, hingga menyentuh mushaf Al-Quran.

Sebab, agama Islam mewajibkan umatnya untuk berada dalam kondisi suci, sebelum melakukan ibadah. 

Prosedur dan tata cara pelaksanaan mandi wajib

Dalam kitab Kasyifatus Saja, Syekh Muhammad Nawawi Al-Jawi menyampaikan bahwa terdapat tata cara khusus untuk melakukan mandi wajib.

BACA JUGA:Niat Puasa Senin Kamis Lengkap Dengan Artinya, Klik Disini Sekarang!

Pertama, seorang muslim yang hendak mandi wajib diharuskan melafalkan doa niat mandi wajib berbarengan dengan pertama kali menyiramkan air ke anggota tubuh. 

Kedua, setelah melafalkan niat pada bilasan pertama, seorang muslim yang melakukan mandi wajib diharuskan membilas seluruh anggota badan dengan air tanpa terkecuali.

Ketika membilas, pastikan seluruh badan telah terguyur air, sebab jika terlewat atau ada anggota tubuh yang tidak tersiram maka akan dianggap masih dalam keadaan hadas atau belum suci.

Disunahkan pula untuk menyiram air ke badan mulai dari sisi kanan dan dilanjutkan dengan sisi kiri.

BACA JUGA:Jadwal dan Niat Puasa Ayyamul Bidh Bulan Rajab 1444 H

Niat doa mandi wajib  

Niat mandi wajib memiliki tiga jenis berdasarkan hadas yang melekat pada seorang muslim. Ketiga hadas yang dimaksud adalah hadas haid, hadas nifas, dan hadas selain dua jenis tersebut.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: