Provinsi DKI Jakarta Raih Posisi Teratas Realisasi Investasi PMDN Tingkat Nasional

Provinsi DKI Jakarta Raih Posisi Teratas Realisasi Investasi PMDN Tingkat Nasional

DKI Jakarta Raih Posisi Teratas Realisasi Investasi PMDN Tingkat Nasional--

Berbagai Strategi Dorong Laju Investasi di Jakarta

Dalam upaya mendorong laju pertumbuhan investasi di Jakarta, Benni mengaku pihaknya juga telah menerapkan beberapa strategi dalam bentuk program atau kegiatan untuk menarik investor. Salah satunya melaksanakan diseminasi terkait bimbingan teknis, asistensi dan pendampingan dalam penyampaian Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) kepada para pelaku usaha di enam wilayah Kota/Kabupaten Administrasi, sebagai upaya untuk memberi pemahaman dan mendorong pelaku usaha agar dapat segera menyampaikan LKPM.

“Diseminasi ini bermanfaat untuk menambah wawasan, memberikan informasi tentang kondisi perekonomian di Jakarta dan secara global, mensosialisasikan tata cara penyampaian LKPM melalui OSS RBA, membuka kesempatan untuk menjalin kerjasama dengan sesama pelaku usaha, serta manfaat lainnya dalam pengembangan kegiatan usaha,” tutur Benni.

Selain itu, sambung Benni, pelaporan LKPM menjadi salah satu sumber informasi pemerintah terkait perkembangan dunia usaha, serta menjadi bahan pertimbangan pemerintah dalam menyusun suatu kebijakan.

Tidak hanya itu, Benni menyebut pihaknya juga memfasilitasi permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan mulai dari strategi ‘debottlenecking’ atau memfasilitasi proyek yang terhambat realisasinya, sampai dengan mengatasi kendala yang dihadapi oleh pelaku usaha terkait proses perizinan maupun nonperizinan di Jakarta dengan bekerjasama dengan instansi terkait guna mendorong pertumbuhan penanaman modal di Jakarta.

“DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta juga menyediakan video promosi yang akan digunakan sebagai materi publikasi promosi penanaman modal melalui media online (media sosial, website). Selain itu, kami kerap melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan pemantauan dan pengawasan penanaman modal UP PMPTSP tingkat kota/kabupaten administrasi, kecamatan dan kelurahan, yang dilakukan paling sedikit setiap triwulan,” sambung Benni.

Benni mengatakan, pihaknya terus melaksanakan koordinasi dengan Kementerian Investasi/BKPM RI secara berkesinambungan terhadap sinkronisasi realisasi penanaman modal dan proyek-proyek yang perlu dimonitor agar taat dan tepat waktu dalam menyampaikan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM).

Lebih jauh, Benni menyebut DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta juga kerap melaksanakan promosi penanaman modal melalui berbagai forum bisnis nasional maupun internasional, serta menjalin komunikasi yang intensif dengan berbagai stakeholder bisnis skala nasional dan internasional salah satunya melalui Jakarta Investment Forum yang diselenggarakan setiap tahun.

Selain itu, peningkatan pengetahuan bagi pegawai UP PMPTSP tingkat wilayah, Customer Relation Officer (CRO) dan Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB) sebagai wajah terdepan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, dengan mengadakan pelatihan OSS RBA dan tata cara pengisian LKPM juga terus dilakukan.

“Telah dilakukan beberapa inovasi guna meningkatkan realisasi investasi di DKI Jakarta diantaranya menyediakan platform Jakpintas, layanan MPP Virtual dan JakGreenvest guna menarik investor yang ingin menanamkan modal terkait poyek ramah lingkungan serta meningkatkan pelayanan perizinan, nonperizinan dan penanaman modal di wilayah Jakarta,” lanjut Benni.

Benni pun berharap, upaya-upaya tersebut dapat meningkatkan kepatuhan perusahaan dalam menyampaikan kewajiban pelaporan LKPM dan bertambahnya jumlah pelaku usaha yang menanamkan modal usaha di DKI Jakarta baik itu PMA maupun PMDN, sehingga realisasi penanaman modal dapat terus meningkat dan mencapai target realisasi yang telah ditetapkan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: