Teknologi

Cara Ganti Nomor DANA Jika HP Kamu Hilang atau Nomor Terblokir

fin.co.id - 20/02/2023, 14:58 WIB

Cara Ganti Nomor DANA Jika HP Kamu Hilang atau Nomor Terblokir

Ganti Nomor DANA | Bagaimana cara untuk ganti nomor DANA ID ketika HP hilang atau nomor saya sudah terblokir?. Simak artikel ini untuk mengetahui cara ganti nomor DANA terbaru 2023. 

Perlu diketahui bahwa nomor HP sangatlah penting di aplikasi DANA ini. Tujuan memverifikasi nomor HP pada aplikasi DANA adalah untuk mendapatkan kode verifikasi OTP yang memiliki banyak fungsi keamanan. 

Lantas, bagaimana jika nomor HP hilang?

Jika kamu telah memverifikasi nomor HP pada aplikasi DANA dan kamu sedang dalam situasi buruk baik kehilangan HP ataupun nomor HP kamu terblokir. Kamu dapat menggunakan langkah-langkah berikut untuk ganti nomor DANA kamu. 

Cara Gantu Nomor DANA. 

Ikuti langkah berikut ini dan pastikan kamu memahaminya untuk ganti nomor DANA kamu. 

  1. Buka Aplikasi DANA
  2. Masuk ke Pengaturan Keamanan
  3. Ubah Nomor Ponsel
  4. Ganti Nomor
  5. Pilih Metode Verifikasi

Metode Pertama

Kirim kode OTP ke nomor lama kamu:

  1. Masukkan PIN
  2. Masukkan Kode OTP yang dikirim 
  3. Masukkan nomor yang baru
  4. DANA ID akan terhubung ke nomor HP
  5. Tap Berikutnya
  6. Masukkan Kode OTP yang dikirim ke Nomor baru 
  7. Muncul konfirmasi sukses
  8. Lakukan login ulang (re-login)

Metode Kedua

Saya sudah tidak memiliki akses nomor lama saya/hilang:

  1. Jika kamu sebelumnya mengaktifkan pertanyaan keamanan pada aplikasi DANA. Maka aplikasi DANA akan mengarahkan kamu untuk menjawab 3 pertanyaan keamanan.
  2. Bila pertanyaan keamanan nomor 1 terjawab dengan benar, maka kamu akan langsung dapat mengubah nomor baru ke akun DANA kamu. 
  3. Jika jawaban kamu salah sebanyak 3 kali berturut-turut, maka kamu akan diarahkan untuk memasukkan email yang terdaftar pada akun DANA kamu untuk melakukan verifikasi. 
  4. DANA akan mengirimkan email berupa instruksi selanjutnya untuk proses ganti nomor DANA kamu. 
  5. Klik Tutup

Nah demikian merupakan langkah dan cara ganti nomor DANA ketika kita kehilangan HP atau nomor lama sudah terblokir. Penting rasanya untuk menjaga data yang kita miliki baik nomor HP, email dan password akun yang kita miliki.

Artikel Terkait:  Bagaimana Cara Mengatasi Lupa PIN DANA Terbaru 2023

Hal tersebut dapat mencegah akun kamu hilang dengan percuma. Bukan hanya pada akun DANA, semua aplikasi dan situs yang mengaruskan kamu untuk memverifikasi data seperti email dan nomor HP juga memiliki tujuan yang sama. 

Tujuannya tak jauh berbeda, yakni mengatasi masalah lupa password, pin, email bahkan ketika pengguna kehilangan HP. Jadi, baiknya disiplin membaca help center pada semua aplikasi untuk memahami fungsinya. 

Admin
Penulis
-->