Dukung Pengentasan Kemiskinan Ekstrem, Kementerian PUPR Gandeng 5 Lembaga

Dukung Pengentasan Kemiskinan Ekstrem, Kementerian PUPR Gandeng  5 Lembaga

Dukung Pengentasan Kemiskinan Ekstrem, Kementerian PUPR Gandeng 5 Lembaga-Ristyan Mega Putra (Kompu Ditjen Perumahan PUPR)-

Dukung Pengentasan Kemiskinan Ekstrem, Kementerian PUPR Gandeng  5 Lembaga - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan melaksanakan perjanjian kerjasama (PKS) dengan sejumlah mitra bidang perumahan untuk mendorong pembangunan hunian layak bagi masyarakat. 

Penandatangan PKS dilaksanakan dengan kemitraan bidang perumahan yang terdiri dari  Yayasan Habitat Kemanusiaan (Habitat for Humanity), Yayasan Adra, PT. Propan Raya, PT. Mowilex Indonesia  dan BTN.

BACA JUGA:Kementerian PUPR Kolaborasi Dengan Kemensos Bangun Rusun MBR di Bekasi, Biaya Sewa Rp10.000 Per Bulan

“Kami ingin meningkatkan kolaborasi dalam penyelenggaraan perumahan di tahun 2023 ini dengan menggandeng sejumlah mitra di sektor perumahan,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto di Jakarta, Minggu 19 Februari 2023, dikutip dari siaran persnya. 

Iwan menerangkan, pihaknya juga membuka peluang kerjasama kemitraan dengan berbagai pihak guna mensukseskan pembangunan rumah layak huni sekaligus pengentasan kemiskinan ektrem di Indonesia. 

Hal tersebut juga sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem.

Sebagai informasi, sejumlah mitra kerja Direktorat Jenderal Perumahan berencana mendukung program PKE di sejumlah wilayah Indonesia. 

BACA JUGA:73 Tahun Bakti BTN untuk Rumah Indonesia

Penandatangan PKS tersebut telah dilaksanakan pada Rapat Koordinasi dan Pencananganan Sistem Manajemen Anti Penyuapan di Lingkungan Direktorat Jenderal Perumahan Tahun Anggaran 2023 dan Persiapan Program Tahun 2024 di Auditorium Kementerian PUPR Jakarta pada Selasa tanggal 14 Februari 2023 lalu.

Rencana kolaborasi dalam penyelenggaraan perumahan TA 2023 diantaranya dilakukan bersama Habit For Humanity di Provinsi Banten, Jawa Barat, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur dan Kalimantan, ADRA melalui pendampingan pelatihan tukang untuk perkuatan struktur ferosemen di NTT.

Selanjutnya adalah Mowilex melalui bantuan material cat ramah lingkungan dan pelatihan tukang dengan melibatkan Balai Latihan Kerja (Kemenaker). 

Bank BTN berupa tambahan pendanaan sebesar Rp 20 juta per unit serta pendampingan pasca pemberian bantuan. Propan melalui bantuan material cat yang menyesuaikan irisan lokasi PKE PUPR.


Tabel kolaborasi Kementerian PUPR dengan stakeholder bidang perumahan untuk pengentasan kemiskinan ekstrem-Istimewa-

BACA JUGA:Pengelolaan Sampah di IKN Bakal Jadi yang Tercanggih di Indonesia, Perusahaan Korsel Siap Investasi Rp1,5 T

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: