Keren! Game Super Mario Bros Jadi Mario GPT, Begini Cara Mainnya

Keren! Game Super Mario Bros Jadi Mario GPT, Begini Cara Mainnya

Game Super Mario Bros Jadi Mario GPT-super mario bros-

Keren! Game Super Mario Bros Jadi Mario GPT, Begini Cara Mainnya - Apakah kamu pernah main game Super Mario Bros? Iya, ini adalah games lawas yang dirilis pada tahun 1983 oleh Nintendo Entertainemnt System (NES). Lama tak terdengar, Super Mario Bros kembali hadir dengan inovasi baru. Namanya: Mario GPT.

Game Mario GPT baru-baru ini dikembangkan oleh sejumlah peneliti dari University of Copenhagen, Denmark. 

BACA JUGA:Illumination dan Nintendo Luncurkan Trailer Perdana Super Mario Bros Movie, Cek di Sini

Game Mario GPT adalah model GPT 2 melalui prompt teks sederhana. Cuplikan game Mario GPT sebagai  berikut:

 Game Mario GPT

Dengan memanfaatkan AI (Artificial Intelligence) alias kecerdasan buatan, para peneliti berhasil menyempurnakan Game Mario GPT untuk menghasilkan level Super Mario Bros tanpa batas.

Para peneliti menghasilkan level tak terbatas pada game Mario GPT dengan metode sederhana. Yaitu memahami perintah yang dijelaskan dalam bahasa alami.

Dilansir dari TechCrunch, penulis utama Mario GPT, Shyam Sudhakaran mengatakan GPT 2 lebih cocok untuk Mario GPT. 

BACA JUGA:Nintendo Buat Film Layar Lebar Mario Bros, Ini Daftar Pengisi Suaranya

"GPT 2 ini ringan dan gampang dilatih. Sehingga cocok untuk Mario GPT. Namun, di masa mendatang, dengan data yang lebih besar dan indikasi lebih rumit, mungkin perlu menggunakan model yang lebih canggih seperti GPT 3," kata Shyam Sudhakaran seperti dikutip fin.co.id dari TechCrunch pada Sabtu, 18 Februari 2023.

Menurutnya, meskipun telah menggunakan model bahasa yang lengkap, MarioGPT tidak bisa level tanpa batas sendiri. Karena itu, tim perlu melatihnya. 

Tim membuat beberapa teks, mengubah level Super Mario menjadi sesuatu. Seperti copy paste ASCII. Selanjutnya, kode karakter berdasarkan alfabet latin.

"Setelah merepresentasikan pada level karakter alfanumerik, model bahasa dapat dengan mudah menafsirkannya. Setelah model memahami polanya, sistem dapat mereproduksinya untuk menciptakan level tertentu," papar Shyam. 

BACA JUGA:Mod Apk: Kumpulan Download Games dan Aplikasi hingga GB WhatsApp yang Sudah Modifikasi

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: