Awas! Social Spy WhatsApp Scam Atau Penipuan, Modusnya Pasang Iklan dan Cari Uang Lewat Klik

Awas! Social Spy WhatsApp Scam Atau Penipuan, Modusnya Pasang Iklan dan Cari Uang Lewat Klik

Social Spy WhatsApp Scam Atau Penipuan-BSSN-

Awas! Social Spy WhatsApp Scam Atau Penipuan, Modusnya Pasang Iklan dan Cari Uang Lewat Klik - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menyebut aplikasi Social Spy WhatsApp disebut-sebut dapat menyadap nomor WhatsApp (WA), adalah scam atau penipuan. 

Social Spy WhatsApp tidak memiliki kemampuan untuk menyadap seperti yang viral belakangan ini. 

BACA JUGA:Download Social Spy Whatsapp Apk v1.4.07, Bisa Lacak Pesan Facebook!

"Aplikasi tersebut sebenarnya hanya scam atau penipuan dengan menggunakan aspek emosional pengguna untuk terjebak menggunakannya," tulis biro hukum BSSN dalam situs resminya seperti dikutip fin.co.id pada Sabtu, 11 Februari 2023.

Hal tersebut, lanjut BSSN dalam keterangannya, terlihat dari permintaan atau persyaratan cara verifikasi yang ternyata bukan untuk membuktikan diri sebagai manusia. Tetapi justru diminta menginstal beberapa aplikasi lain. 

"Aplikasi Social Spy WhatApp tak lebih hanyalah aplikasi iklan yang mencari uang melalui klik atau pemasangan aplikasi yang mereka pasarkan. Masyarakat diimbau untuk waspada terhadap risiko penggunaan aplikasi Social Spy Whatsapp ini," jelas BSSN.

Populernya WhatsApp membuat banyak pihak berupaya memanfaatkan dengan merancang aplikasi tiruan atau turunan dengan berbagai versi beragam tujuan.

BACA JUGA:Download Social Spy WhatsApp Terbaru 2023 Gratis: Cari Tahu Kelakuan Pacarmu dengan Sadap Nomor WA

"Beberapa waktu terakhir banyak beredar informasi mengenai Social Spy WhatsApp yang diklaim bisa melakukan penyadapan terhadap isi pesan, riwayat obrolan, panggilan dan lainnya sebagainya aplikasi WhatsApp," sambungnya.

BSSN menegaskan penyadapan merupakan pelanggaran privasi. Tidak sedikit yang memberitakan Social Spy WhatsApp merupakan solusi bagi orangtua yang ingin hendak memantau kegiatan anak-anaknya saat menggunakan gadget atau seseorang yang memiliki kecurigaan terhadap pasangannya. 

"Aplikasi Social Spy WhatsApp ini menggunakan rasa penasaran calon pengguna untuk sekadar iseng mencoba menggunakannya. Social Spy sangat mudah digunakan.Bahkan tanpa perlu membayar biaya apapun. Selain itu, hasilnya langsung dikirim ke email penggunanya tanpa menunggu waktu lama. Ini yang perlu diwaspadai bahwa sebenarnya Social Spy adalah penipuan," tegas BSSN.

Lembaga siber ini mengungkapkan Social Spy menyediakan tiga langkah mudah untuk memata matai akun WhatsApp.

BACA JUGA:Social Spy Whatsapp, Sadap Whatsapp Hanya Menggunakan Nomor Handphone!

Pertama, setelah memasukkan nomor telepon dan klik "submit". Selanjutnya, target diarahkan untuk memverifikasi diri. Bukan robot atau human verification.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: