Ma'ruf Amin Instruksikan Kemnaker Bangun BLK Komunitas di Lokasi Kemiskinan Ekstrem

Ma'ruf Amin Instruksikan Kemnaker Bangun BLK Komunitas di Lokasi Kemiskinan Ekstrem

Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) Ma'ruf Amin.-BPMI Setwapres-

Ma'ruf Amin Instruksikan Kemnaker Bangun BLK Komunitas di Lokasi Kemiskinan Ekstrem - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menginstruksikan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) untuk membangun Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas di titik-titik kemiskinan ekstrem.

"Ke depan, Kementerian Ketenagakerjaan saya minta untuk mengarahkan program pembangunan BLK Komunitas di daerah-daerah yang menjadi titik kemiskinan ekstrem," katanya di Pondok Pesantren Manhalul Ma’arif Nahdlatul Ulama Darek, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat, 10 Februari 2023.

Dikatakannya, seharusnya dengan tumbuhnya jumlah BLK Komunitas di berbagai daerah diikuti dengan perbaikan kualitas pada alumnusnya.

BACA JUGA:Wapres Resmikan Pembangunan 846 BLKK Tahun 2022 di NTB

BACA JUGA:Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya

"Jumlah BLK Komunitas terbangun saat ini harus diikuti kuantitas maupun kualitas alumnus BLK Komunitas. Mereka harus mampu berkompetisi di pasar dunia kerja domestik juga luar negeri," tegasnya.

Dijelaskannya, kehadiran BLK Komunitas harus dijadikan untuk up-skilling dan re-skilling sumber daya manusia (SDM) di wilayah-wilayah yang membutuhkan.

"Eksistensi BLK harus mampu melahirkan tenaga kerja bermutu yang dapat berkontribusi mengungkit perekonomian lokal dan pada akhirnya mempercepat tercapainya distribusi kesejahteraan," jelasnya.

BACA JUGA:Bagi Warga Tangerang yang Masih Nganggur, Buruan Daftar ke BLK, Kuota Terbatas Cek Caranya di Sini GRATIS

BACA JUGA:Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing, Yuk Dicoba

Yang tak kalah pentingnya, program-program pelatihan di BLK Komunitas harus sejalan dengan kebutuhan dan potensi daerah setempat.

"Saya mendengar bahwa hingga tahun 2022 telah dikembangkan program pelatihan vokasi di BLK Komunitas menjadi 24 kejuruan. Untuk itu, saya minta kejuruan pelatihan yang dikembangkan agar tidak hanya disesuaikan dengan kondisi terkini dan kebutuhan pasar kerja lokal atau link and match dengan industri sekitar, tetapi juga diciptakan sedemikian rupa untuk mendorong minat masyarakat berwirausaha," kata Wapres.

Lebih jauh, BLK Komunitas juga diharapkan bisa berkembang menjadi lembaga pelatihan yang kredibel dan mandiri, serta menjadi rujukan masyarakat pencari kerja guna meningkatkan kompetensi mereka.

"Khususnya, kepada para santri yang pesantrennya telah memiliki BLK Komunitas, saya minta sarana dan prasarana yang telah tersedia agar dapat dioptimalkan pemanfaatannya," imbuhnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: