Alasan PKS Dukung Anies Baswedan: Simbol Perubahan dan Sosok Nasionalis Religius

Alasan PKS Dukung Anies Baswedan: Simbol Perubahan dan Sosok Nasionalis Religius

Tangkapan layar pertemuan tim kecil NasDem, PKS dan Demokrat (@aniesbaswedan/instagram) --

JAKARTA, FIN.CO.ID- Partai Keadilan Sejahtera atau PKS umumkan dukungan ke Anies Baswedan di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman mengatakan, Anies memenuhi kriteria Bacapres PKS yang ditetapkan oleh Musyawarah Majelis Syuro PKS pada Agustus 2022 lalu. 

PKS menilai sosok Anies Baswedan sebagai simbol perubahan. 

“Kenapa perubahan? Karena kita ingin melihat Indonesia lebih baik ke depan,” kata Sohibul dalam jumpa pers, Senin 30 Januari 2023.

BACA JUGA:PKS Umumkan Dukungan ke Anies Baswedan di Pilpres 2024

PKS juga menilai Anies sebagai sosok nasionalis religius dan memiliki elektabilitas mumpuni. 

Sohibul, mengatakan capres usungan PKS harus punya karakteristik agamis, namun juga tokoh nasionalis. 

Selain itu, Sohibul mengatakan capres usungan PKS mesti punya elektabilitas yang berpeluang memenangkan Pemilihan Presiden 2024. 

Ia menyebut partainya enggan menggunakan istilah mempunyai elektabilitas tertinggi, mengingat hasil survei masih dinamis.

"Karena dinamika hari ini tentu berbeda dengan dinamika pada saat 14 Februari 2024. Jadi yang penting dia, kalau bisa disederhanakan, masuk dalam tiga besar elektabilitas survei hari ini,” kata dia.

BACA JUGA:Janji Anies Tak Maju Pilpres Jika Prabowo Nyapres, Sandiaga Uno: Perjanjian Itu Tetap Berlaku

Dikatakannya bahwa keputusan resmi mendukung Anies Baswedan nantinya akan diumumkan dalam rakernas PKS yang akan digelar pada 24 Februari 2023 mendatang. 

"PKS akan menyampaikan dukungan eksplisit organisatoris kepada bapak Anies Baswedan sebagai bacapres 2024-2029 pada rapat Majelis Syuro PKS yang bersamaan dengan Rakernas DPP PKS pada 24 Februari 2023," ujarnya.

Meskipun demikian, kata Sohibul Iman, tidak menutup kemungkinan akan ada percepatan dari jadwal yang ditetapkan sesuai dinamika politik yang berkembang. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: