Tingkat Kepuasan ke Pemerintah Tinggi, Pengamat: Publik Nikmati Hasil Kebijakan Jokowi Atasi Covid-19

Tingkat Kepuasan ke Pemerintah Tinggi, Pengamat: Publik Nikmati Hasil Kebijakan Jokowi Atasi Covid-19

Ketika Presiden Jokowi Kunjungi Mall di Manado Malam-Malam, Warga Kaget -Setkab/satper-

JAKARTA, FIN.CO.ID- Berdasarkan hasil survei terakhir yang di keluarkan Lembaga Survei Indonesia (LSI), menyatakan bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencapai 76,2 persen.

Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah mengatakan tingkat kepuasan masyarakat yang tinggi tersebut karena ditopang keberhasilan kebijakan Presiden Jokowi dalam mengatasi krisis Pandemi Covid-19. 

Menurut Tribus, publik menerima dan memahami kebijakan presiden yang berdampak pada stabilitas ekonomi Indonesia. 

BACA JUGA:Pengurus Nasdem Tak Dapat Bocoran soal Pertemuan Jokowi-Surya Paloh

“Masyarakat kita cukup memahami, saya kira ini yang kemudian akhirnya publik trustnya tinggi, seperti penanganan Covid 19 yang udah menurun, kebijakan PPKM berlevel, kemudian masyarakat mulai menerima manfaatnya,” ujar Trubus, Sabtu 28 Januari 2023.

Berdasarkan survei LSI, salah satu yang menjadi pendorong peningkatan kepuasan publik ialah pencabutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), mayoritas sebesar 66,3 persen setuju dari 43 persen masyarakat yang tahu PPKM telah dicabut. 

“Memang pencabutan PPKM itu menjadi salah satu faktor di mana publik trust terhadap presiden Jokowi-Ma'ruf Amin ini memang luar biasa. Masyarakat yang dulunya kita tahu PSBB ketat sampai PPKM dalam tanda petik masyarakat itu disiksa. Nah itu kemudian pemerintah berhasil dalam petik membebaskan untuk kembali dapat menggerakkan roda ekonomi,” paparnya. 

BACA JUGA:Biaya Haji 2023 Rp69 Juta, Jokowi: Belum Final Sudah Ramai

Lanjut Trubus, potret survei kepuasan masyarakat yang disampaikan LSI cukup merepresentasikan gambaran kepercayaan publik yang tinggi terhadap pemerintahan Presiden Jokowi atas kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan dinilai bermanfaat bagi masyarakat.

“Jadi menurut saya survei yang sampaikan oleh LSI ini memberikan indikasi bahwa kepercayaan publik terhadap pemerintah sekarang tinggi dan memberikan dampak kebijakan-kebijakannya kemudian berjalan relatif terkendali,” paparnya.

“Artinya relatif terwujud meskipun situasi politik di 2023 juga agak mulai memanas juga menuju 2024 tetapi program-program pemerintah mulai bansos pembangunan infrastruktur pokoknya untuk masyarakat ini tercukupi, saya kira kepercayaannya jadi tinggi,” tukas Trubus.

BACA JUGA:63,5 Persen Masyarakat Puas dengan Kinerja Jokowi, Tapi Tidak Soal Pemberantasan Korupsi

Sebelumnya Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan mengatakan tren kepuasan kinerja Presiden Jokowi pada awal 2023 ini tertinggi jika dibandingkan dengan hasil survei sebelum-sebelumnya sejak Januari 2015 yang berada di angka 61,7 persen. 

“Secara umum karena keadaan ekonomi cenderung stabil dan membaik, meski masih belum kembali ke situasi sebelum pandemi. Bahan-bahan kebutuhan pokok dan BBM cukup tersedia dan mudah didapat, meski untuk sebagian masyarakat harganya masih ada yang kurang terjangkau,” ucap Djayadi. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: