Ini Dia Bacaan Doa Qunut Beserta Fakta Yang Jarang Diketahui

Ini Dia Bacaan Doa Qunut Beserta Fakta Yang Jarang Diketahui

Doa Qunut-Masjid Pogung Dalangan-

Jakarta, FIN.CO.ID Doa qunut kerap diperdebatkan kebenarannya di antara umat muslim perihal penggunaannya. Ada yang mengamalkannya setiap hari saat shalat Subuh, ada pula yang membacanya hanya di saat tertentu saja mengikuti mazhab ulama yang dipercaya.

Terlepas dari perdebatan tersebut, ternyata doa ini memiliki fakta menarik sebagai benang merah dari perdebatan selama ini.

Inilah dia fakta mengenai Doa Qunut dan artinya yang nyatanya belum banyak diketahui, sekalipun oleh mereka yang sering membacanya saat shalat.

Sebelum membahas mengenai fakta yang sebenarnya, ketahui dulu pengertian, bacaan, serta arti dari doa tersebut dalam penjelasan berikut.

BACA JUGA:Surat Yasin Lengkap dengan Bacaan Arab, Latin dan Terjemahan

Doa Qunut dan Artinya

Doa Qunut yang dipahami oleh kebanyakan muslim adalah amalan sunnah yang dibaca ketika shalat Subuh dan Witir di bulan Ramadan.

Adapun bacaan doa yang diamalkan yaitu:

Allahummaah-dini fiman haadait, Wa ‘aafinii fiiman‘aafaiit, watawallanii fiiman tawallait, Wabaarik lii fiima a’thait, Waqinni birohmatika syarramaa qadhaiit, Fainnaka taqdhi wala yuqdha ‘alaiik, Wa innahu la yadzillu man walaiit, Wala ya’izzu man ‘adait, Tabarakta rabbana wa ta’alait, Fa lakal hamdu a’la ma qadhait, Astagfiruka wa atubu ilaik, Washallallahu‘ala sayyidina muhammadinin Nabiyyil ummiyyi Wa‘ala alihi Wa shahbihi Wasallam.

Artinya: “Ya Allah, berilah aku petunjuk sebagaimana orang yang sudah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan sebagaimana orang yang sudah Engkau sehatkan. Dan kasih sayangilah aku sebagaimana orang yang sudah engkau sayangi, Berikanlah keberkahan untukku dari apa yang sudah Engkau berikan. Selamatkanlah diriku dari bahaya kejahatan yang sudah Engkau tentukan. Karena sesungguhnya Engkaulah yang berhak untuk menentukan dan bukan ditentukan. Sesungguhnya tidak akan hina orang yang telah Engkau beri pertolongan. Dan tidak merasa mulia orang yang telah Engkau musuhi. Maha Suci Engkau duhai Tuhan kami dan Yang lagi Maha Tinggi. Bagi-Mu seutuhnya pujian di atas apa yang telah Engkau tentukan. Diriku memohon ampun dan taubat kepada-Mu. Semoga engkau ya Allah mencurahkan rahmat dan karuniamu atas junjungan kami Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, keluarga, dan semua para sahabatnya”.

BACA JUGA:Doa Berlindung dari Orang Zolim dengan Membaca Shalawat Asyghil, Berikut Sejarahnya

Fakta Doa Qunut Yang Jarang Diketahui

Di balik doa qunut dan artinya, ternyata ada beberapa fakta yang jarang diketahui umat muslim.

1. Dibaca Ketika Dilanda Musibah

Ya, ketika dilanda musibah, seorang muslim dianjurkan membacanya setiap shalat lima waktu, setelah melakukan rukuk terakhir. Doa qunut ini disebut sebagai Qunut Nazillah (arti: petaka, musibah yang menimpa seseorang).

Amalan tersebut ternyata sudah pernah dilakukan saat Indonesia dilanda Covid pada tahun 2020, yang mana anjuran ini disampaikan langsung oleh para ulama dan juga MUI sebagai upaya mendekatkan diri kepada Allah agar terhindar dari wabah tersebut.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Pandu Maulana

Tentang Penulis

Sumber: