PPS Mulai Kerjakan Tahapan Pemilu 2024, Ini Tugas Pertamanya

PPS Mulai Kerjakan Tahapan Pemilu 2024, Ini Tugas Pertamanya

Pelantikan anggota PPS se-Jakarta Selatan. (ist)--

Dengan begitu, Agus mengharapkan, mereka sanggup melakukan pekerjaan sesuai kemampuan masing-masing dan menjaga integritas serta profesionalitas selama proses pemilu.

"Harapannya, para anggota dapat mensukseskan pemilu supaya jalan baik dan lancar," ucapnya.

Sebelumnya, registrasi Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) sudah dibuka oleh Bawaslu Jakarta Selatan sejak Sabtu, 14 Januari 2023.

Ke depannya, masyarakat yang dipastikan lolos sebagai panwaslu kelurahan/desa akan bekerja memantau semua tingkatan pemilu di wilayah kelurahan/desa masing-masing.

BACA JUGA:Calon Petugas Wajib Tahu! Berikut Tugas Wewenang Kewajiban PPS Pemilu 2024

Pemantauan itu mencakup tingkatan pemutakhiran data pemilih, realisasi kampanye, penyaluran logistik pemilu, pergerakan surat suara dan realisasi pemungutan dan perhitungan suara.

Di Kabupaten Temanggung, KPU setempat mengangkat 867 anggota PPS yang hendak bertugas di 289 desa/kelurahan.

Pengukuhan dihelar di Alun-alun Temanggung, Selasa, 24 Januari 2023.

Ketua KPU Temanggung M Yusuf Hasyim mengutarakan, pengukuhan PPS secara serempak, untuk memperlihatkan ke masyarakat, PPK dan PPS siap untuk menyongsong Pemilu 2024 pada 14 Februari 2024.

BACA JUGA:Ini Tugas Wewenang dan Kewajiban PPS Pemilu 2024

"Dalam kurun waktu dekat, kita akan membuat Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di desa, hingga sesudah PPS ini dikukuhkan, selanjutnya koordinasi dengan kepala desa, karena Pantarlih ini benar-benar penting terkait dengan data pemilih," katanya.

Dia menambah, berdasarkan data, keterwakilan wanita dalam PPS capai 38%.

"Pendaftar ada 2.100 orang, dan yang ikuti ujian tercatat sekitaran 1.800 orang, yang dilanjutkan interview. Pada akhirnya terpilih 867 PPS. Secara keterwakilan wanita lebih dari 30%," ucapnya.

Bupati Temanggung, HM Al Khadziq menambahkan, Pemkab Temanggung memiliki komitmen untuk memberikan dukungan pelaksanaan Pemilu 2024, dari sisi pengadaan sarana dan prasarana, pengadaan personel, atau pengadaan data pemilih.

BACA JUGA:Berikut 20 Contoh Soal dan Jawaban Tes Wawancara PPS Pemilu 2024, Jangan Grogi!

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Darul Fatah

Tentang Penulis

Sumber: