Profil Lieus Sungkharisma: Jadi Pendukung Jokowi, Loyalis Anies hingga Ikut Aksi 212

Profil Lieus Sungkharisma: Jadi Pendukung Jokowi, Loyalis Anies hingga Ikut Aksi 212

Lieus Sungkharisma (istimewa)--

JAKARTA, FIN.CO.ID- Berikut profil dan sepakterjang Lieus Sungkharisma. Aktivis sosial keturunan Tionghoa yang meningga dunia pada Selasa malam 24 Januari 2023 skitar pukul 21.00 WIB di Rumah Sakit Pondok Indah, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan.

Lieus meninggal pada usia ke-63 tahun. Dia meninggal karena sakit jangtung.

Lieus Sungkharisma bernama asli Li Xue Xiung. Dia lahir di Cianjur pada 11 Oktober 1959. Lieus Sungkharisma keturunan Tinghoa dan beragama Budha.

Lieus Sungkharisma adalah pendukung Joko Widodo atau Jokowi dalam Pemilihan Presiden tahun 2014. Dia bahkan pernah membuat lomba beertajuk 'Surat untuk Jokowi' pada saat momen Pilpres 2014 silam. 

Lieus Sungkharisma juga dikenal paling terdepan mengkritik kebijakan Basuki Tjahja Purnama atau Ahok saat masih menjadi Gubernur DKI Jakarta gantikan Jokowi yang saat itu telah terpilih jadi Presiden. 

BACA JUGA:Kabar Duka, Lieus Sungkharisma Meninggal Dunia

BACA JUGA:Gugat Presidential Threshold, Lieus Sungkharisma Curcol Sulitnya Ikut Pemilu ke Hakim MK

Menurut Lieus Ahok tak bisa menjalankan tugasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta dengan baik.

Menurut Lieus, Ahok sebelum menjadi Wakil Gbernur DKI Jakarta hingga jadi Gubernur DKI Jakarta, Ahok, janji akan membangun MRT dengan konsep bawah tanah. Namun nyatanya MRT dibangun dengan konsep jalan layang. 

Hingga pada pemilihan Geubernur DKI Jakarta tahun 2017, Lieus mendukung Anies Baswedan dan Sandiaga Uno yang diusung oleh Partai Gerindra.

Sejak saat itu, Lieus dikenal publik karena ikut dalam aksi 212 yang berhujung Ahok dipenjara karena penistaan kasus penistaan agama.

BACA JUGA:Pujian Lieus Sungkharisma ke Anies: Tokoh Pembangunan, Jakarta Semakin Rapi

BACA JUGA:NasDem Sebut Khofifah Layak Dampingi Anies, Respon Demokrat: AHY yang Layak

Kemudian di Pemilihan Presiden 2019, Lieus Sungkharisma mendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang saat itu nomor urut -02. Namun, Prabowo-Sandi kalah dari Jokowi-Ma'ruf Amin. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: