Mengenal Alas Purwo, Hutan di Pulau Jawa yang Konon Penuh dengan Kisah Misteri

Mengenal Alas Purwo, Hutan di Pulau Jawa yang Konon Penuh dengan Kisah Misteri

Mengenal Alas Purwo, Hutan di Pulau Jawa yang Konon Penuh dengan Misteri--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Alas Purwo adalah taman nasional yang terletak di ujung timur pulau jawa tepatnya di Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur Indonesia. 

Alas Purwo memiliki lahan seluas 43.320 ha. Taman nasional Alas Purwo ini merupakan hutan yang tergolong utuh di Pulau Jawa. Ekosistem Alas Purwo termasuk golongan hutan hujan tropika. 

Ekosistem Alas Purwo diantaranya merupakan hutan bambu, hutan pantai, hutan bakau, hutan tanaman, hutan alam serta padang rumput. 

Alas Purwo memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi. Ditemukan berbagai jenis tumbuhan sekitar 584 jenis tumbuhan bentuk herba, rumput, semak, pohon dan liana. 

Taman Nasional Alas Purwo memiliki ragam jenis hewan liar yang hidup didalamnya. Diantaranya adalah kijang, banteng, rusa, kancil, lutung, macan tutul, anjing hutan serta kucing hutan. 

Alas Purwo juga merupakan rumah bagi beragam jenis burung seperti rangkong badak, merak, kerangkeng perut putih. 

Selain itu, di pesisir pantai Alas Purwo juga ditemukan empat jenis penyu diantaranya penyu abu-abu, penyu hijau, penyu belimbing serta penyu sisik. 

Ekosistem Alas Purwo juga dijaga ketat dengan menetapkan penjagaan sistem zonasi. Taman Nasional Alas Purwo juga dimanfaatkan untuk penelitian, budidaya, ilmu pengetahuan, rekreasi dan pariwisata. 

Keadaan Sosial Ekonomi dan Budaya Masyarakat Sekitar Alas Purwo

Mata pencaharian masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan Alas Purwo adalah bertani dan nelayan. Masyarakat  yang berprofesi sebagai nelayan sebagian besar tinggal di wilayah Muncar. Wilayah tersebut merupakan salah satu pelabuhan ikan terbesar di pulau Jawa. 

Alas Purwo juga terkenal akan misterinya serta keangkerannya. Konon katanya dahulu banyak orang yang tersesat dan dirampok oleh perampok yang berdiam di Alas Purwo. Selain itu Alas Purwo konon merupakan tempat makhluk halus berada. Sampai saat ini pun Alas Purwo masih terkenal sebagai tempat terangker di Pulau Jawa. 

Cerita Pengalaman Traveller yang Pernah Camping di Alas Purwo baca di sini "Alas Purwo – Camp di Alas Purwo Banyuwangi, Banyak Orang Tirakad!"

Sedikit tips bagi wisatawan yang tertarik berkunjung ke Alas Purwo:

Bagi calon wisatawan Alas Purwo khususnya wisatawan luar Banyuwangi yang ingin mengunjungi tempat ini bisa menggunakan jasa travel, opentrip, menyewa mobil ataupun motor. Untuk akses jalan tak perlu khawatir, jalan menuju Alas Purwo juga 100% aspal. Jaga tata krama (penting), tutur kata, bahasa serta sopan santun.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mas Dhimas

Tentang Penulis

Sumber: fin.co.id