Cak Nun Mengaku Kesambet Saat Sebut Jokowi Firaun, Apa Maksudnya?

Cak Nun Mengaku Kesambet Saat Sebut Jokowi Firaun, Apa Maksudnya?

Cak Nun--Instagaram/@gamelankiaikanjeng

JAKARTA, FIN.CO.ID- Budayawan Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun mengaku dirinya kesambet saat menyebut Presiden Jokowi sebagai Firaun dan Menko Marves Luhur Binsar Pandjaitan sebagai Haman- penasihat Firaun. 

"Saya dikasih ujian oleh Allah yang luar biasa, meneng-meneng (diam-diam) aku ki ngomong hal Firaun coba. Dan itu saya kesambet," ujar Cak Nun di Yogyakarta, Selasa 17 Januari 2023. 

Lalu apa yang dimaksud kesambet? Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), kesambet asal katanya sambet. Orang yang kesambet adalah orang yang mendapat gangguan roh halus. Orang yang sedang kesambet bisa sampai sakit hingga pingsan.

BACA JUGA:Sebut Jokowi Firaun, Cak Nun Mengaku Tak Mampu Kontrol Diri

BACA JUGA:Setuju dengan Cak Nun, dr Tifa Sarankan Netizen Tidak Pilih Presiden yang Suka Beternak Cebong

Kesambet dengan kata lain, seseorang sedang digangu makhluk halus. Istilah Betawi bilang orang yang sedang kesambet sama dengan orang yang sedang dipegang setan. 

Namun begitu, kesambet berbeda dengan orang sedang kesurupan karena tubuhnya dimasuki oleh makhluk halus.

Selain mengaku kesambet, Cak Nun juga mengaku ucapannya yang menyebut Jokowi Firaun diluar dari rencananya.

Dia mengatakan bahwa pernyataan Jokowi seperti Firaun itu secara tiba-tiba keluar begitu saja. Dirinya juga akui tidak sanggup mengontrol diri saat itu.

"Itu di luar rencana saya dan sama sekali di luar kontrol saya. Maka tadi saya bikin video sama Sabrang, judulnya Mbah Nun Kesambet. Tolong dibaca," ujarnya.

Cak Nun tak paham apa yang merasuk ke dirinya waktu itu. Baginya, itu bisa saja iblis, malaikat, atau merupakan bentuk campur tangan Allah. 

BACA JUGA:Curhat Cak Nun Saat Ada yang Coba Adu Domba Dirinya Dengan Megawati di Medsos

BACA JUGA:Setuju dengan Cak Nun, dr Tifa Sarankan Netizen Tidak Pilih Presiden yang Suka Beternak Cebong

Kata dia, dalam pandangan Maiyah, ada lima hal yang mampu membuatnya berbuat demikian. Yakni, karena hidayah, amr, idlal, thariqun, atau istidraj.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: