Profil Bendungan Sepaku Semoi, Jurus PUPR Penuhi Kebutuhan Air Baku Hingga Pengendali Banjir IKN Nusantara

Profil Bendungan Sepaku Semoi, Jurus PUPR Penuhi Kebutuhan Air Baku Hingga Pengendali Banjir IKN Nusantara

Bendungan Sepaku Semoi di Kabupaten Penajam Paser Utara Kalimantan Timur, Target Penyelesaian Bulan Juni 2023-Sigit Nugroho untuk FIN.CO.ID-

Danis menjelaskan, bendungan tersebut akan menjadi salah satu pemasok air bersih untuk memenuhi kebutuhan air baku Kota Balikpapan. 

BACA JUGA:Jokowi Bangun 5 Bendungan di Jawa Barat, Ridwan Kamil: Terima Kasih Pak Presiden, Jabar Lumbung Padi Nasional

BACA JUGA:Link Download GB WhatsApp Terbaru Pro Apk v17.85 DISINI!, Simak 3 Hal penting Ini Sebelum Instal Biar Joss

Selanjutnya, dengan adanya IKN akan dioptimalkan untuk penyediaan air baku berkapasitas 2.500 liter per detik dan mereduksi banjir 55 persen. 

Sekitar 2.000 liter air per detik akan dipasok ke IKN, sedangkan sisa 500 liter air per detik akan dipasok untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Balikpapan. "Proyeksi kami pasokan tersebut akan memenuhi kebutuhan 2 juta jiwa di IKN," jelas Danis.

Danis menambahkan, saat ini progres pembangunan Bendungan Sepaku Semoi telah mencapai 82,5 persen untuk konstruksi dan 91,86 persen untuk progres keuangan. 

Saat ini, pekerjaan yang sedang dilakukan meliputi peninggian bendung utama yang kurang 4 meter, penataan lanskap dan penyempurnaan aliran air. 

BACA JUGA:Jakarta Sewerage Development Project Dimulai, 'Truk Kuning' Gak Akan 'Seliweran' lagi di Jakarta?

BACA JUGA:Sambil Leyeh-leyeh Bisa Dapat Saldo DANA Gratis Rp1.000.000, Caranya Tinggal Daftar Aplikasi Ini Mudah Banget!

"Bendungan Sepaku Semoi merupakan sumber air baku untuk tahap awal IKN. Kalau kita mau membangun suatu daerah, nomor satu yang paling penting adalah ketersediaan air, makanya ini merupakan basic infrastructure," ungkap Danis 


Ketua Satgas Pembangunan IKN Nusantara, Danis H Sumadilaga-Sigit Nugroho untuk FIN.CO.ID-

Bukan hanya Bendungan Sepaku Semoi saja, Danis juga mengungkap akan ada dukungan lainnya yaitu pembangunan water treatment plant yang bersumber dari Bendungan itu, dan dirancang untuk bisa langsung diminum.

Bendungan Sepaku Semoi akan menyediakan air baku IKN hingga tahun 2030 sebesar 2.500 liter per detik dengan rincian 2.000 liter per detik untuk memenuhi kebutuhan air baku di IKN dan 500 liter per detik untuk Kota Balikpapan. 

Selain itu, Bendungan Sepaku Semoi juga berfungsi untuk mereduksi banjir hingga 55,26 persen. Secara fisik, Bendungan Sepaku Semoi memiliki tinggi 25 meter dan panjang 450 meter. 

BACA JUGA:Berbahaya! Jalur Sesar Cimandiri Tidak Boleh Jadi Area Hunian

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: