Pemkot Bekasi Bentuk Tim Khusus Kasus Keracunan Chiki Ngebul

Pemkot Bekasi Bentuk Tim Khusus Kasus Keracunan Chiki Ngebul

Chiki Ngebul Berasap Nitrogen. --

BEKASI, FIN.CO.ID - Pemerintah Kota Bekasi membentuk tim kerja, atas tindak lanjut Kejadian Luar Biasa (KLB) keracunan Chiki Ngebul di wilayahnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi Tanti Rohilawati mengatakan, pihaknya telah melakukan kunjungan permintaan informasi medis ke RS Haji Jakarta.

BACA JUGA:Pemprov Jabar Tetapkan Status Darurat Medis Keracunan Chiki Ngebul, Ini Langkah Cepat Pemkot Bekasi

"Hasil kunjungan ke RS terhadap korban yang memakan cikibul, mengalami kerusakan dan robeknya lambung bagian atas yang disebabkan oleh tekanan udara pada lambung yang terbentuk oleh gas nitrogen," kata Tanti Rohilawati, Rabu, 11 Januari 2023.

Menurutnya dari hasil operasi laparatomi tim medis di rumah sakit, ditemukan adanya remahan chiki pada lambung.

Tanti Rohilawati memastikan, proses sampling dan juga pemeriksaan keamanan pangan masih dalam proses.

"Dari investigasi lapangan ke lokasi penjualan, diketahui penjual telah berpindah lokasi karena mengikuti event pasar malam," ucapnya.

BACA JUGA:5 Kode Alamat Proxy Whatsapp dan Cara Mengatur Proxy di Android, Simak Penjelasannya Di Sini!

Terpisah, Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinkes Jabar, dr. Ryan Bayusantika, mengatakan, diduga masih ada sisa nitrogen cair yang terminum dalam kasus Chiki Ngebul.

"Kami berharap masyarakat lebih berhati hati, karena ternyata makanan yang mengandung cairan nitrogen berbahaya bagi anak-anak," ungkap dr. Ryan Bayusantika.

Ia menegaskan, Dinas Kesehatan kabupaten/kota Jawa Barat akan terus mengkaji, terkait KLB keracunan chiki ngebul di wilayahnya.

Selain itu, Kementerian Kesehatan RI melalui surat No. SR. 01.07/111/5/67/2023, RS dan Dinkes di daerah untuk melapor ke Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan apabila terdapat temuan keracunan jajanan berasap akibat dicampur nitrogen cair.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: