Komisi X DPR Dukung Pembentukan Komite Suporter di KLB: Ubah Statuta Demi Kemajuan Sepak Bola Indonesia

Komisi X DPR Dukung Pembentukan Komite Suporter di KLB: Ubah Statuta Demi Kemajuan Sepak Bola Indonesia

Gedung DPR RI, Senayan- Jakarta. -FIN.CO.ID/Afdal Namakule-

JAKARTA, FIN.CO.ID- Anggota Komisi X DPR RI Bramantyo suwondo sepakat dengan usulan perubahan regulasi PSSI ke depan, khususnya terkait dengan pembentukan komite suporter sepak bola Indonesia.

“Pada dasarnya saya sepakat adanya perubahan regulasi jika hal itu membawa perubahan yang lebih baik bagi sepak bola di Indonesia,” kata Bramantyo kepada wartawan, Kamis 5 Januari 2023.

Usulan dibentuknya komite suporter berangkat dari kritik para pecinta sepak bola kepada PSSI selaku induk dari organisasi sepak bola Indonesia yang dinilai tidak mampu menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi pada suporter. 

BACA JUGA:Piala AFF: Timnas Indonesia ke Semifinal Berstatus Runner Up, Ketum PSSI Bilang Begini

Untuk itu, lanjut Bramantyo, usulan dibentuknya komite suporter ini didukung oleh komisi X DPR, asalkan melibatkan pemerintah dan organisasi suporter di Indonesia. Konsekuensinya, pada momentum KLB nanti harus perubahan Statuta PSSI dengan menambahkan satu Komite, yakni Komite Suporter. 

“Perubahan regulasi yang dilakukan harus melibatkan dan menampung aspirasi dari berbagai pihak seperti pemerintah daerah dan organisasi-organisasi suporter di Indonesia,” ucapnya.

BACA JUGA:Banyak Kasus Terkait PSSI, Pengamat: Akibat Dipimpin Orang Tidak Profesional

Politisi Partai Demokrat ini juga meminta PSSI harus komitmen dengan regulasi baru nanti, dan melaksanakan tugas dan tanggung jawab berdasarkan regulasi yang ada.

“Selain itu, PSSI juga harus berkomitmen penuh dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam melaksanakan manajemen suporter sesuai dengan regulasi yang dibuat,” ujarnya.

Bramantyo yakin betul, lewat komite suporter yang dilakukan sesuai dengan keresahan bersama pecinta sepak bola Indonesia, maka para suporter baik timnas Indonesia maupun suporter klub bisa menghasilkan energi positif untuk sepak bola tanah air. 

BACA JUGA:Ketua PSSI Bilang di Timnas Garuda Tidak Ada Pemain Lapis Kedua

“Jika komite suporter memang dibuat dan dilaksanakan sesuai dengan aspirasi bersama, saya optimis hal tersebut bisa menghasilkan energi positif dalam dunia sepak bola Indonesia,” akuinya.

“Sepak bola adalah olahraga yang paling banyak digemari di Indonesia. Oleh karenanya, peran antara suporter dan sepak bola tidak dapat dipisahkan. Untuk menciptakan ekosistem keolahragaan yang baik, terutama terkait dengan suporter adalah tanggung jawab dari berbagai pihak,” sambungnya.

Dikatakan Bramantyo, landasan hukum mengenai kegiatan serta hak dan kewajiban suporter selama ini sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Sistem Keolahragaan Nasional.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: