Melibatkan Kontak Fisik Tinggi, Kenali Cedera yang Kerap Dialami Saat Bermain Sepak Bola

Melibatkan Kontak Fisik Tinggi, Kenali Cedera yang Kerap Dialami Saat Bermain Sepak Bola

Ilustrasi - Sepak Bola--

Pesepakbola juga dapat mengalami cedera tendon. Tendon adalah jaringan ikat fibrosa yang menghubungkan otot ke tulang. Pada olahraga sepakbola, cedera tendon dapat mengenai tendon lutut atau tendon pergelangan kaki bagian belakang (tendon achiles). Kondisi ini dapat terjadi akibat jatuh langsung pada lutut atau mendarat dengan keras ketika melompat.

Robekan meniskus juga dapat dialami pesepakbola. Meniskus berfungsi sebagai bantalan untuk sendi lutut. Robekan pada meniskus ini dapat menyebabkan rasa sakit dan bengkak, serta keterbatasan gerak. Cedera ini sering disebabkan oleh gerakan memutar lutut secara tiba-tiba.

Dislokasi atau terlepasnya sendi dari tempat yang seharusnya juga bisa terjadi, akibat hantaman keras antar pemain. Pada keadaan ini dapat timbul gejala berupa rasa nyeri, kesulitan bergerak, terjadi penurunan kekuatan pada area yang terlibat, dan dapat tampak adanya bentuk sendi yang tidak seharusnya.

Selain itu, Runner’s Knee atau cedera lutut. Kondisi ini menyebabkan tulang rawan di bawah tempurung lutut rusak. Kerusakan dapat disebabkan karena adanya benturan pada lutut atau overuse injury pada lutut.

Cedera lain yang juga dapat dialami pesepakbola yakni shin splints. Grace mengatakan, timbulnya nyeri di bagian tulang kering bagian bawah, seringkali terjadi saat latihan fisik atlet sepakbola.

Kondisi ini dapat terjadi akibat berlatih menggunakan alas kaki yang tidak tepat. Keretakan ringan pada tulang juga sering kali merupakan akibat dari pergerakan kaki yang berlebihan atau dampak berulang pada tulang, terutama bagi pemain sepakbola.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: