90 Rumah Subsidi di Perumahan Mentari Village Balikpapan Terima Bantuan PSU Rp 473,27 Juta

90 Rumah Subsidi di Perumahan Mentari Village Balikpapan Terima Bantuan PSU Rp 473,27 Juta

Anak-anak di Perumahan Mentari Village Kota Balikpapan bermain ceria. Kementerian PUPR memberikan bantuan PSU untuk perumahan tersebut, salah satunya yakni pembuatan jalan perumahan. (dok Ditjen Perumahan)--

JAKARTA, FIN.CO.ID –- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mengupayakan bantuan prasarana, sarana dan utilitas (PSU) untuk mendorong semangat para pengembang perumahan membangun perumahan bersubsidi bagi masyarakat. 

Salah satu lokasi penyaluran bantuan PSU adalah di Perumahan Mentari Village di kawasan penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang diperuntukkan bagi 90 rumah subsidi senilai Rp 473,27 juta.

BACA JUGA:30 Ribu Pekerja Mandiri Ditargetkan Ikut Kepesertaan Tapera, Menaker Ida: Agar Semua Bisa Punya Rumah

“Adanya bantuan PSU dari Kementerian PUPR maka Masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) kini bisa tinggal di rumah bersubsidi dengan fasilitas yang baik,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto di Jakarta, Kamis 29 Desember 2022. 

Iwan menerangkan, berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Pelaksanaan Bantuan Pembangunan Perumahan dan Penyediaan Rumah Khusus, pemerintah akan terus menyalurkan bantuan pembangunan perumahan untuk mensejahterakan masyarakat. 

Bantuan pembangunan perumahan yang diberikan oleh pemerintah dapat berupa bantuan prasarana, sarana, dan utilitas umum, bantuan rumah susun, dan bantuan rumah swadaya.

Adapun bantuan pembangunan PSU merupakan bantuan pembangunan berupa penyediaan komponen prasarana, sarana, dan utilitas umum perumahan untuk meningkatkan perumahan yang layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

BACA JUGA:Top! Program Satu Juta Rumah Tahun 2022 Lampaui Target

“Kami harap bantuan pembangunan PSU berupa jalan beton ini bisa membuat masyarakat tinggal dengan nyaman," katanya.

Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Timur Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Kalimantan II, Mustofa Otfan didampingi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Rumah Swadaya dan Rumah Umum Komersial, Elvanirwan menerangkan, salah satu lokasi penyaluran bantuan PSU adalah di Perumahan Menteri Village di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur yang diperuntukkan bagi 90 rumah subsidi senilai Rp 473,27 juta. 

Lokasi perumahan tersebut sangat strategis yakni kawasan penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara  tepatnya di pinggir Jalan Sukarno Hatta Kilo 21, Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

“PSU di perumahan subsidi tersebut dibangun mulai tanggal 27 Juli 2022 hingga 24 Oktober 2022 dan saat ini sudah selesai 100 persen. PSU yang dibangun adalah jalan beton dengan mutu 3,5 Mpa dengan lebar jalan 4 meter dan ketebalan 15 centimeter sepanjang 261,8 meter untuk 90 rumah subsidi. Total anggaran pembangunan PSU adalah Rp 473,27 juta,” terangnya.  

BACA JUGA:Alhamdulillah, 185 KK Korban Badai Siklon di Bima Dapat Rumah Tetap dari Kementerian PUPR

Sementara itu, Direktur PT. Bumi Karya Mentari Jojo Surianto selaku pengembang perumahan bersubsidi Menteri Village mengaku, pihaknya sangat terbantu dengan adanya bantuan PSU dari Kementerian PUPR. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: