BP Tapera Gandeng 40 Perbankan Nasional Salurkan FLPP Untuk 220 Ribu Rumah MBR Tahun 2023

BP Tapera Gandeng 40 Perbankan Nasional Salurkan FLPP Untuk 220 Ribu Rumah MBR Tahun 2023

Perjanjian Kerjasama Penyaluran FLPP Antara BP Tapera dengan 40 Perbankan Nasional di Pendopo Kementerian PUPR, Rabu 8 Desember 2022, disaksikan Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah (Kiri)-Sigit Nugroho untuk FIN.CO.ID-

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) menggandeng 40 perbankan nasional untuk menyalurkan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP)

Sesuai target yang ditetapkan oleh pemerintah, BP Tapera akan menyalurkan dana FLPP 2023 untuk 220 ribu unit rumah, senilai Rp25,18 triliun serta pembiayaan Tapera sebanyak 10 ribu unit senilai Rp1,05 triliun. 

BACA JUGA:30 Ribu Pekerja Mandiri Ditargetkan Ikut Kepesertaan Tapera, Menaker Ida: Agar Semua Bisa Punya Rumah

Program itu dilakukan melalui Kredit Pemilikan Rumah Sejahtera bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). 

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah mengatakan, penyaluran ini penting untuk pemenuhan kebutuhan hunian terutama bagi MBR. 

Namun di sisi lain, kemampuan bantuan pembiayaan perumahan dari pemerintah masih memiliki keterbatasan. 

"Harapan pemerintah nantinya, sumber pendanaan FLPP tidak bergantung pada APBN semata. Untuk tahun 2023, diharapkan BP Tapera secara bertahap mulai memperluas kepesertaannya kepada seluruh peserta mandiri dan melakukan sosialisasi lebih masif untuk lebih memperkenalkan skema pembiayaan perumahan kepada masyarakat," ujar Zainal dalam acara Penandatanganan Kerja Sama KPR dan FLPP Tahun 2023, Rabu 28 Desember 2022. 


Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah (tengah), memberikan statement resmi mengenai penyaluran FLPP dan program pembiayaan perumahan tahun 2023-Sigit Nugroho untuk FIN.CO.ID-

BACA JUGA:Top! Program Satu Juta Rumah Tahun 2022 Lampaui Target

Adapun, 40 Bank yang akan menyalurkan FLPP di tahun 2023 terdiri dari 7 bank nasional dan 33 Bank Pembangunan Daerah (BPD). 

Bank Nasional tersebut terdiri dari BTN, BTN Syariah, BNI, Mandiri, BRI , BSI dan Bank Mega Syariah.  

Sedangkan 33 BPD terdiri dari BJB, Sulawesi Selatan, Sumsel Babel, Jambi, BJB Syariah, Sulawesi Selatan Syariah, Riau Syariah, Sumsel Babel Syariah, Kalimantan Barat, Nagari, Kalimantan Selatan Syariah, DKI, Jatim Syariah, NTB Syariah, Sumut Syariah, Kalimantan Timur, Kalsel, Kalimantan Tengah, Sumut, Jambi Syariah, Aceh Syariah, NTT. Baca Juga : BP Tapera Optimistis Capai Target Penyaluran FLPP Rp25,18 Triliun di 2023 Lalu, Nagari Syariah, Jawa Timur, Kalimantan Barat Syariah, Kaltimtara Syariah, DKI Syariah, Jawa Tengah, Yogya, Sulawesi Tengah, Papua, Jateng Syariah dan Sulawesi Utara dan Gorontalo. 

Selain itu, dilaksanakan juga perjanjian kerja sama antara BP Tapera dengan 22 bank penyalur untuk pembiayaan Tapera.  

BACA JUGA:Alhamdulillah, 185 KK Korban Badai Siklon di Bima Dapat Rumah Tetap dari Kementerian PUPR

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: