Jaga Stabilitas Pangan dan Keamanan Perairan, Bea Cukai Bersinergi dengan Polri dan TNI

Jaga Stabilitas Pangan dan Keamanan Perairan, Bea Cukai Bersinergi dengan Polri dan TNI

Bea Cukai Bersinergi dengan Polri dan TNI Jaga Stabilitas Pangan dan Keamanan Perairan--(dok.Bea Cukai)

JAKARTA, FIN.CO.ID - Sinergi atau bekerja bersama-sama antarinstansi menjadi hal yang penting dalam penyelenggaraan negara, karena dapat menciptakan suatu keseimbangan yang harmonis dan menghasilkan sesuatu yang optimal untuk kepentingan masyarakat dan negara.

Sinergi tersebut diwujudkan Bea Cukai dalam pelaksanaan tugas pengawasan yang melibatkan aparat penegak hukum lainnya, seperti Polri dan TNI.

BACA JUGA:Bea Cukai Berikan Sosialisasi Ketentuan Cukai di Malang dan Kediri

BACA JUGA:Jelang Akhir Tahun 2022, Bea Cukai Kembali Gelar Pemusnahan di Tiga Kota

"Beberapa syarat utama penciptaan sinergi, yaitu kepercayaan, komunikasi yang efektif, feedback yang cepat, dan kreativitas terus kami upayakan terwujud di unit-unit vertikal Bea Cukai di berbagai daerah," ungkap Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana, pada Selasa (27/12).

Sinergi Bea Cukai dengan Polri, tercermin dari kegiatan pemantauan importasi bahan pokok yang masuk melalui Pelabuhan Tanjung Emas pada Kamis (22/12/22).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh  Bea Cukai Tanjung Emas dan Kepolisian Daerah Jawa Tengah, dengan didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah, dan General Manager Terminal Petikemas Semarang (TPKS) ini ditujukan untuk memastikan ketersediaan pasokan jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2023.

“Bea Cukai Tanjung Emas dan Polda Jawa Tengah ingin memastikan masyarakat dapat tenang dalam menyambut Natal dan Tahun Baru, mengingat bahan pokok merupakan dasar kebutuhan masyarakat yang pasokannya perlu diamankan. Selain itu, kami juga sekaligus melakukan monitoring bahan pokok jelang lebaran untuk mengantisipasi kelangkaan di masyarakat. Setelah dilakukan pengecekan, ketersediaan bahan pokok kami pastikan masih terpantau aman," ungkap Hatta.

BACA JUGA:Dari Ikan hingga Buah-buahan, Bea Cukai Bantu Produk Lokal Tembus Pasar Internasional

Selain menjaga ketersediaan bahan pokok menjelang hari besar keagamaan, Bea Cukai juga bersinergi dengan Polri dan TNI dalam menjaga Perairan Kalimantan Utara.

Hal itu tercermin dari kegiatan operasi patroli laut yang pelaksanaannya dikoordinasikan oleh Kanwil Bea Cukai Kalimantan Bagian Timur (Kalbagtim), Dit. Polair Polda Kaltara, dan Lantamal XIII Tarakan.

"Di tengah kondisi perekonomian dunia dan perdagangan internasional yang penuh dengan tantangan, tetapi semakin menggeliat seiring mulai terkendalinva pandemi Covid 19, Kanwil Bea Cukai Kalbagtim, Dit. Polair Polda Kaltara, dan Lantamal XIII Tarakan menggelar kegiatan Operasi Patroli Laut yang pelaksanaanya dikoordinasikan dan dilaksanakan sepanjang akhir tahun 2022," ujarnya.

Seperti pelaksanaannya tahun lalu, operasi patroli laut tahun ini diharapkan dapat memberikan pesan yang tegas dan jelas sebagai detterance effect.

Bea Cukai, Polri, dan TNI ingin menegaskan bahwa setiap upaya pelanggaran hukum yang akan dilaksanakan di Perairan Kaltara akan berhadapan dengan sinergi aparat penegak hukum di laut.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: