RSUP Prof. dr. I Gusti Ngoerah Bali Terapkan Teknologi Terkini Penanganan Stroke

RSUP Prof. dr. I Gusti Ngoerah Bali Terapkan Teknologi Terkini Penanganan Stroke

Ilustrasi Pasien Stroke, Image oleh Parentingupstream dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - RSUP Prof. dr. I Gusti Ngoerah Bali terapkan teknologi terkini penanganan stroke.

Keberhasilan tersebut dicapai atas pengampuan dari RS PON.

RSUP Prof. dr. I Gusti Ngoerah Bali adalahrumah sakit yang diampu oleh RS PON.

BACA JUGA:Cegah Angka Kematian Ibu dan Balita Stunting, Menkes Budi Canangkan Gerakan Bumil Sehat

Program pengampuan ini diharapkan bisa dilakukan oleh RSUP I Gusti Ngurah terhadap sejumlah RS di kabupaten/kota di Bali dan sebagian rumah sakit yang ada di NTB maupun NTT.

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengapresiasi tindakan coiling yang dilakukan RSUP Ngoerah dengan program pengampuan dari RS PON.

“Selamat atas terselenggaranya aktivitas coiling di RS Ngoerah," ucap Menkes Budi Sadikin hari ini.

"Di sisa waktu saya sebagai Menkes ingin sekali menyelesaikan transformasi pilar kedua, yaitu transformasi sistem layanan rujukan," lanjut dia.

BACA JUGA:Menkes Budi: Pemerintah akan Intervensi untuk Mengatasi Masalah Stunting

Dengan begitu, hal ini dapat "memastikan bahwa seluruh rumah sakit di kabupaten/kota dan provinsi bisa melayani standar layanan kesehatan tertentu,” sambungnya.

Dikatakan Menkes Budi, stroke merupakan penyakit yang menyebabkan kualitas hidup seseorang menjadi buruk.

Jumlah kasus meninggal bisa mencapai hingga ribuan setiap tahun. Bahkan kasus kecacatan bisa lebih tinggi 2 kali lipat dari kasus kematian.

“Oleh karena itu saya benar-benar minta rumah sakit RS PON untuk mengaktifkan fungsi pengampuannya dan mesti diingat-ingat targetnya adalah 34 provinsi harus bisa bedah otak terbuka, dan RS PON juga harus memastikan 514 kabupaten/kota bisa melakukan intervensi non bedah seperti Coiling,” ungkap Menkes.

Direktur Utama RS PON dr. Mursyid Bustami mengatakan pada hari ini, Senin (26/12) tim sedang melakukan tindakan coiling.

BACA JUGA:Menkes Budi: Dokter Gigi di Indonesia Masih Sangat Minim

“Ini merupakan suatu program pengampuan yang kami lakukan di berbagai rumah di daerah-daerah lain di seluruh Indonesia,” ucapnya.

Secara garis besar penyebab stroke ada dua yakni stroke karena penyumbatan pembuluh darah dan stroke karena pecahnya pembuluh darah. Sebagian dari yang pecah pembuluh darah itu disebabkan oleh pecahnya aneurisma.

Dikatakan dr. Mursyid, aneurisma itu adalah satu titik lemah yang membentuk kantong di pembuluh darah di otak yang memang sudah ada dan suatu saat bakal pecah. Penyebab pecah terbanyak adalah karena tegangan darah tinggi.

“Jadi pada pasien ini tentunya untuk menghindari risiko terjadinya pecah pembuluh darah itu maka harus dilakukan suatu tindakan,” kata dr. Mursyid.

Ada dua tindakan yang bisa dilakukan. Pertama adalah tindakan Coiling, dengan memasukkan koil seperti kawat atau benang ke dalam kantong yang bakal pecah. Yang kedua adalah tindakan clipping atau melakukan klip (penjepitan).

“Yang hari ini dilakukan adalah coiling. Untuk melakukan ini diperlukan SDM dan sarana prasarana yang memadai. Di RSUP Ngoerah ini alatnya semuanya sudah ada, kamar cath lab nya sudah memenuhi syarat, dan SDM-nya pun sudah ada,” tutur dr. Mursyid.

Yang dilakukan hari ini, Senin (26/12), adalah salah satu tindakan untuk menyumbat pembuluh darah yang berpotensi pecah pada suatu waktu tertentu. Pasien ini berasal dari Nusa Tenggara Timur dari Lembata.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali dr. I Nyoman Gede Anom mengatakan stroke ini adalah satu dari 4 penyebab kematian terbanyak. Ke depan RSUP Ngoerah harus mampu melakukan pengampuan terhadap rumah sakit rumah sakit di kabupaten/kota di Provinsi Bali.

“Kami di Bali ada 9 kabupaten/kota yang memiliki Rumah Sakit Madya dan satu Rumah Sakit Provinsi. Nanti ke depan akan diadakan juga kegiatan Rumah Sakit Pengampuan ya mungkin diampu oleh Rumah Sakit Umum Ngoerah,” ucap dr. I Nyoman.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: