Reaksi Kuat Ma'ruf Disebut Kecerdasannya di Bawah Rata-rata oleh Ahli: Saya Ikhlas

Reaksi Kuat Ma'ruf Disebut Kecerdasannya di Bawah Rata-rata oleh Ahli: Saya Ikhlas

Terdakwa Kuat Ma'ruf di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan--pmjnews

JAKARTA, FIN.CO.ID - Terdakwa kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (BrigadirJ), Kuat Maruf bereaksi saat disebut kecerdasanya di bawah rata-rata oleh Ahli Psikologi Forensik, Reni Kusumowardhani.

Reni sampaikan hal tersebut ketika dirinya menjadi saksi sidang kasus pembunuhan Brigadir J di persidangan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) pada Rabu, 21 Desember 2022.

Berawal dari Reni yang menyampaikan kecerdasan Kuat Ma'ruf di bawah rata-rata. Ia juga menyinggung jika terdakwa lambat dalam memahami informasi.

"Kuat Ma'ruf kecerdasannya tergolong di bawah rata-rata dibanding populasi orang seusianya. Jadi bapa Kuat Ma'ruf ini agak lebih lambat dalam memahami informasi," ucap Reni dikutip fin.co.id pada Kamis, 22 Desember 2022.

BACA JUGA:Febri Diansyah: Tuduhan ke Ferdy Sambo Rontok Setelah Lihat Rekaman CCTV

BACA JUGA:Grup WhatsApp 'Duren Tiga' Bikinan Ferdy Sambo Cs Ada Kontak Bernama 'Tuhan Yesus', Siapa Dia?

Lanjutnya, bahwa kuat sebenarnya memiliki potensi memahami keadaan lingkungan sekitarnya.

Namun Kuat harus memahami melalui nilai-nilai moral.

"Jadi lebih lambat di dalam memehamai informasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan. Tetapi memiliki potensi untuk memahami eadaan di lingkungan sekitarnya melalui nilai-nilai moral yang dia yakini dan melalui kebiasaan yang dia alami," ungkapnya.

Majelis hakim memberikan kesempatan kepada Kuat untuk menanggapi keterangan ahli.

BACA JUGA:Kamaruddin Ungkap Fakta Baru 3: 'Wanita Piala Bergilir' Motif Ferdy Sambo Dendam dan Bunuh Brigadir Yosua

Sebelum memberi pertanyaaa Kuat pun mengaku iklas jika disebut kecerdasannya di baawah rata-rata. Tapi ia menegaskan kepada ahli apakah dirinya pembohong.

"Saya mau bertanya kepada psikolog. Mohon maaf ibu (sambil tersenyum). Kalau ibu menyimpulkan (kecerdasan) saya di bawah rata-rata saya ikhlas bu," ujar Kuat yang disambut gelak tawa penonton di persidangan.

"Yang saya tanyakan, saya ini tipe orang pembohong, apa yang tidak jujur, apa gimana bu. Soalnya akhir-akhir ini saya sering disebut dibilang pembohong dan tidak jujur ibu. Dan saya sakit dengan bahasa itu ibu," kata Kuat.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: