Zelenskyy: Angkatan Bersenjata Ukraina Tetap Kuasai Bakhmut di Tengah Serangan Rusia

Zelenskyy: Angkatan Bersenjata Ukraina Tetap Kuasai Bakhmut di Tengah Serangan Rusia

Tentara Rusia saat melakukan invasi ke Ukraina.--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan, angkatan bersenjata Ukraina tetap menguasai Bakhmut, di tengah serangan Rusia.

"Kami menjaga kota, meskipun penjajah melakukan segalanya agar tidak ada satu pun tembok yang tidak rusak tersisa di sana," kata Zelenskyy dalam pidato video pada Minggu 18 Desember 2022. 

BACA JUGA:Rusia Bangun Kubah Pelindung di Atas Penampungan Limbah Nuklir

Dengan mengatakan bahwa "Bakhmut adalah kunci", Zelenskyy menyebut bahwa dirinya telah melakukan pertemuan dengan pejabat militer Ukraina untuk memeriksa situasi di wilayah Donetsk dan Luhansk dengan sangat mendetail.

Sebelum invasi Rusia, Bakhmut memiliki populasi 70.000 orang.

Bakhmut dikenal karena tambang garamnya yang besar dan sebagai pusat transportasi tempat beberapa jalan raya bersimpangan. 

Namun sejak musim semi, kota tersebut telah menjadi bagian dari garis depan pertahanan Ukraina.

BACA JUGA:Setahun Jelang Pilpres, Suhu Politik Turki Kian Memanas

Di garis depan perang di sisi selatan, Zelenskyy mengatakan tentara Ukraina secara bertahap mengurangi kekuatan pasukan Rusia di wilayah Zaporizhzhia dan Kherson.

Pemimpin Ukraina itu juga meminta pengadaan sistem pertahanan udara yang lebih modern dalam jumlah yang cukup ke Ukraina. 

Dia menekankan pentingnya melindungi perbatasan Ukraina dengan Rusia dan Belarusia.

"Kami sedang mempersiapkan semua kemungkinan skenario pertahanan," tutur dia.

Mengenai pemadaman listrik, Zelenskyy mengatakan bahwa pemadaman listrik yang serius terjadi akibat serangan rudal Rusia terhadap infrastruktur energi di Ukraina pada 16 Desember 2022.

Dia mencatat bahwa listrik dipulihkan untuk hampir 9 juta pelanggan listrik di Ukraina selama akhir pekan berkat pekerjaan perbaikan setelah serangan Rusia.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: