Pemerintah Taiwan Selidiki TikTok atas Dugaan Operasi Komersial Ilegal

Pemerintah Taiwan Selidiki TikTok atas Dugaan Operasi Komersial Ilegal

Pemerintah Taiwan Selidiki TikTok atas Dugaan Operasi Komersial Ilegal, Aplikasi TikTok, Image oleh antonbe dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Pemerintah Taiwan selidiki TikTok, atas dugaan melakukan operasi komersial ilegal, demikian seperti dilaporkan Reuters.

Pemerintah Taiwan juga mengeluarkan peringatan, bahwa TikTok digunakan oleh Beijing untuk menyebarkan informasi yang salah.

Dalam sebuah pernyataan, Mainland Affairs Council atau MAC Taiwan mengatakan bahwa pada 9 Desember lalu, sebuah kelompok kerja di bawah kabinet menemukan bahwa TikTok dicurigai melakukan

operasi komersial ilegal di Taiwan.

BACA JUGA:Layanan Musik ByteDance Bukan TikTok Music?

Sementara menurut laporan Liberty Times Taiwan, perusahaan induk TikTok, ByteDance, telah mendirikan anak perusahaannya di Taiwan.

Fungsi dari anak perusahaan TikTok di Taiwan ini disebut untuk mempromosikan bisnis.

Menurut Taiwan, tindakan TikTok itu dianggap menyalahi undang-undang yang berlaku.

Isi dari undang-undang yang dimaksud menyatakan bahwa platform media sosial China tidak diizinkan beroperasi secara komersial di sana.

Menanggapi laporan tersebut, MAC mengatakan memang ada dugaan pelanggaran hukum.

"Dalam beberapa tahun terakhir, pihak daratan telah menggunakan platform video pendek seperti TikTok untuk melakukan operasi kognitif dan infiltrasi terhadap negara lain, dan ada risiko tinggi pemerintah China mengumpulkan informasi pribadi pengguna," kata mereka.

Namun, TikTok tidak segera memberikan komentar.

Diketahui, Taiwan melarang berbagai operasi bisnis China di pulau itu mulai dari platform media sosial hingga industri manufaktur chip yang bernilai tinggi.

Taiwan juga telah melarang departemen pemerintah menggunakan aplikasi China seperti TikTok.

Pada tahun 2019, Taiwan mengeluarkan undang-undang anti-infiltrasi, untuk memerangi apa yang dilihat banyak orang Taiwan sebagai upaya China, untuk mempengaruhi politik dan proses demokrasi melalui pendanaan ilegal politisi dan media serta metode lainnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: