2 Monyet Mati, Bima Arya Langsung Tutup Mini Zoo Bogor Folrest Hotel

2 Monyet Mati, Bima Arya Langsung Tutup Mini Zoo Bogor Folrest Hotel

Walikota Bogor Bima Arya. (jpnn)--

KOTA BOGOR, FIN.CO.ID - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menginstruksikan operasional kebun binatang Mini Zoo di Bogor Folrest Hotel, Kecamatan Bogor Selatan, ditutup sementara.

Selain tak punya izin, ternyata dua monyet liar mati di lokasi tersebut dengan penyebab yang belum jelas.

Terlebih ada satwa dilindungi seperti buaya dan berang-berang yang tak dirawat dengan baik dan tidak meminta izin dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat.

"Jadi kami minta ditutup sementara, karena terkait izinnya belum ada. Terkait dua monyet yang mati akan diselidiki lebih dalam oleh BKSDA," katanya Bima Arya di Bogor, Jawa Barat, Jumat.

BACA JUGA:Bima Arya 'Jodohkan' Ganjar dan Ridwan Kamil Berpasangan di Pilpres 2024

BACA JUGA:Bima Arya Tetapkan Tanggap Darurat Bencana Kota Bogor Hingga Desember

Bima Arya bersama Ketua Tim Evakuasi dan identifikasi BKSDA Jawa Barat Dani Ramdhani mendatangi Mini Zoo di Bogor Folrest Hotel untuk meninjau kelayakan seluruh area kebun binatang mini tersebut.

Di sana, Bima Arya melihat-lihat diduga monyet liar yang ada di area Mini Zoo yang seharusnya dilindungi, namun belum berizin. Selain itu, ada juga berang-berang yang ditempatkan di tempat yang kurang layak, serta buaya dengan kondisi yang sama.

Atas situasi tersebut, Bima Arya meminta pengelola hotel dan Mini Zoo berkoordinasi dengan BKSDA untuk memperbaiki kelayakan perawatan satwa, kandang dan perizinannya.

BACA JUGA:Di Kota Bogor, 12 Kelurahan Masuk Kategori Rawan Bencana, Ini yang Dilakukan Bima Arya

Bima mengungkapkan, bahwa ada pengawasan perlu ditingkatkan dari pihak Pemerintah Kota Bogor ke depan terhadap pengelolaan Bogor Forest Hotel.

Pemerintah Kota Bogor hanya memiliki data perizinan hotel tersebut yang telah beroperasi sejak 2018 tanpa ada kebun binatang mini. Lokasi kebun binatang itu pun berada di samping bawah area parkiran hotel dengan jalan yang menukik. Kondisi tersebut, kata Bima, membuat luput dari pengawasan Pemerintah Kota.

BACA JUGA:Pilpres 2024 Opsi Duet Terbaik Bangsa Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil, Bima Arya: Paling Cocok

"Di sini ada pengelola, kita minta segera berkoordinasi dan memperbaiki semuanya. Kami juga akan meningkatkan pengawasan," ujarnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: