Jelang Libur Nataru, 2,73 Juta Kendaraan Diprediksi Tinggalkan Jabodetabek

Jelang Libur Nataru, 2,73 Juta Kendaraan Diprediksi Tinggalkan Jabodetabek

Ilustrasi - Gerbang Tol Jasa Marga-Istimewa-

BEKASI, FIN.CO.ID - Jelang libur hari raya natal dan tahun baru, sebanyak 2,73 juta kendaraan diprediksi akan meninggalkan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Kota Bekasi (Jabodetabek).

 

Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga, Atika Dara Prahita mengatakan, jutaan kendaraan itu diprediksi meninggalkan Jabodetabek melalui empat gerbang Tol.

BACA JUGA:Kepergok Pegawai Minimarket, Maling Motor di Bekasi Todongkan Pistol

 

"Berdasarkan data kami, diprediksi ada peningkatan lalu lintas yang keluar Jabodetabek melalui empat gerbang utama yaitu Gerbang Tol Cikampek Utama, Kalihurip Utama, Ciawi dan Cikupa," kata Atika Dara Prahita, Jumat 16 Desember 2022.

 

Menurut data yang fin.co.id dapat, sebanyak 2,73 juta kendaraan telah melintas mulai dari tanggal 18 Desember 2022 sampai dengan 3 Januari 2023.

 

Dari data tersebut terlihat adanya peningkatan volume lalu lintas, dibandingkan dengan libur natal dan tahun baru 2021 lalu.

 

"Diperkirakan naik sebesar 2,6 persen dibandingkan Nataru tahun 2021 ataupun kondisi normal, kita ambil dari bulan Juni tahun 2022 itu naik sebesar 8,4 persen yang melintas," ucapnya.

BACA JUGA:Usai Diperiksa, Kapolsek Tambun Dinilai Lalai Imbas Dua Tahanan Berhasil Kabur

 

Atika Dara Prahita menjelaskan, peningkatan volume kendaraan di jalan tol sebelumnya sudah diprediksi oleh Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan.

 

"Sudah jelas yang diprediksi oleh Badan Kebijakan Transportasi (BKT) dari Kementerian Perhubungan, memang akan ada potensi kenaikan volume liburan khususnya di Nataru ini," ungkapnya.

 

Guna antisipasi adanya peningkatan volume lalu lintas saat periode Nataru 2022/2023, Jasa Marga Bekerjasama dengan Kepolisian dan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan untuk mempersiapkan rekayasa lalu lintas apabila dibutuhkan. 

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: