Menkopolhukam dan Mendagri Diagendakan Kunjungi Pulau Rondo, Ujung Barat NKRI

Menkopolhukam dan Mendagri Diagendakan Kunjungi Pulau Rondo, Ujung Barat NKRI

Menkopolhukam Mahfud MD dan Mendagri Muhammad Tito Karnavian mengunjungi Kabupaten Kepulauan Talaud untuk Pencanagan Gerbangdutas 2022-Istimewa-

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, selaku Ketua Pengarah Badan Nasional Pengelola Perbatasan Republik Indonesia (BNPP RI) dan Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian, selaku Kepala BNPP RI, diagendakan melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) ke salah satu Pulau-pulau Kecil Teluar (PPKT) Tidak Berpenduduk di beranda depan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yaitu Pulau Rondo dan Kecamatan Lokpri di Kota Sabang. 

Sebagaimana diketahui Provinsi Aceh merupakan Provinsi Perbatasan yang memiliki batas laut di utara dengan India (Laut Andaman), di Timur dengan Thailand dan Malaysia (Selat Malaka), serta di barat dengan Laut lepas yaitu Samudra Hindia. 

BACA JUGA:BNPP RI Gelar Seminar Optimalisasi Produksi Potensi Ekonomi Kawasan Perbatasan di Kabupaten Sambas

Provinsi Aceh juga memiliki 1 PPKT yaitu Pulau Rondo, yang menjadi menjadi titik nol sebelah barat NKRI. Pulau Rondo merupakan pulau di ujung barat yang masuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Provinsi Aceh. Pulau 

Rondo tidak berpenghuni namun dijaga anggota TNI yang bertugas untuk mengamankan wilayah pulau terluar Indonesia.

Sekretaris BNPP RI Restuardy Daud menyampaikan, kegiatan Kunker ini dimaksudkan untuk mendorong percepatan pembangunan Batas Wilayah Negara-Kawasan Perbatasan dan peningkatan prasarana pertahanan keamanan di PPKT, melalui pemantauan dan koordinasi Kementerian/Lembaga anggota BNPP bersama Pemerintah Daerah, serta sebagai bentuk perhatian pemerintah dengan hadirnya Negara di perbatasan.

"Rencananya kegiatan kunker Bapak Menko. Polhukam dan Bapak Mendagri akan dilaksanakan pada Minggu ketiga Desember 2022," ujar Sekretaris BNPP, Restuardy Daud, disela-sela waktu setelah diterima Menko. Polhukam Mahfud MD, di Kantor Kemenko. Polhukam Jakarta, dikutip Senin 12 Desember 2022.

BACA JUGA:Jurus BNPP Integrasikan Batas Negara Darat Laut dan Udara Melalui SITASWILNEG

Restuardy menjelaskan bahwa di hari pertama Menko. Polhukam dan Kepala BNPP diagendakan mengunjungi pulau Rondo untuk melihat dan mengecek kondisi sarana prasarana Pos Pengamanan Pulau-pulau Terluar (Pamputer) di Pulau Rondo, sekaligus menyerahkan bantuan. 

Rombongan selanjutnya direncanakan akan mengunjungi Kecamatan Lokasi Prioritas (Lokpri) Sukajaya untuk meninjau beberapa kegiatan layanan di perbatasan antara lain layanan kependudukan dan pencatatan sipil (dukcapil), layanan Kesehatan seperti vaksinasi polio dan penanganan stunting, penyerahan bantuan, serta meninjau kegiatan ekonomi masyarakat yang dilakukan oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

Di hari pertama rombongan juga diagendakan mengunjungi Museum Tsunami Banda Aceh, untuk bersama-sama turut mendoakan saudara-saudara kita yang terkena musibah tsunami 18 tahun silam, tepatnya tanggal 26 Desember 2004.  

Kemudian pada hari kedua, Menko. Polhukam dan Kepala BNPP dijadwalkan akan meluncurkan Prangko Seri Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Tahun 2022, serta melaksanakan Rapat Koordinasi bersama Jajaran Pemda dan Forkopimda di Provinsi Aceh.

BACA JUGA:DPR Setujui Usulan Tambahan Pagu Anggaran BNPP Tahun Anggaran 2023 Rp100 Miliar

Restuardy menuturkan saat ini BNPP RI bersama dengan K/L terkait sedang berkoordinasi terkait persiapan rencana kunker. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: