12 Calon Inkubator LPDB-KUMKM Beradu Program di Nusantara Festival dan UMKM 2022

12 Calon Inkubator LPDB-KUMKM Beradu Program di Nusantara Festival dan UMKM 2022

Direktur Umum dan Hukum LPDB KUMKM, Oetje Koesoema Prasetia saat memberikan sambutan di di Convention Hall Smesco, Jakarta Selatan, Kamis, 8 Desember 2022. (dok. LPDB-KUMKM)--

BACA JUGA:Akses Dana Begulir Sejak 2013, KUD Mino Saroyo Rasakan Manfaat Bermitra dengan LPDB-KUMKM

BACA JUGA:Utamakan Pelayanan, LPDB-KUMKM Pastikan Tak Pernah Tolak Proposal Pinjaman Dana Bergulir

Indera menjelaskan, ada tiga tujuan utama dari LPDB-KUMKM dari seleksi ini, yaitu pembiayaan, investasi dan kerjasama. 

Menurutnya, inkubator-inkubator ini harus memiliki paling tidak tiga ketentuan yang diberikan LPDB-KUMKM tersebut. 

"Jadi mereka punya jaringan investor, mereka punya jaringan lembaga pembiayaan dan mereka punya jaringan offtaker untuk nanti menyalurkan produk-produk dari koperasi dan UMKM yang ada," jelasnya. 

Indera menambahkan, para calon inkubator yang lolos seleksi kali ini, bukan sembarangan, karena terhadap mereka dikenakan beberapa ketentuan yang menjadi acuan.

BACA JUGA:Gelar Bimtek, LPDB-KUMKM Jaring Koperasi Potensial di Sumatera Selatan

BACA JUGA:Tak Hanya Fokus Penyaluran Dana Bergulir, LPDB-KUMKM Optimalkan Peran Pendampingan 

"Artinya ini UMKM yang memang sudah settle, UMKM yang sudah berjalan paling tidak 1 tahun, dia juga paling tidak sudah punya income Rp10 juta satu bulan, jadi untuk nantinya bisa dihubungkan dengan investor, bisa dihubungkan dengan lembaga pembiayaan dan kerjasama itu tadi. Tahun 2023 targetnya lebih ke koperasi," tegasnya. 

Terpisah, Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo mengatakan, Nusantara Festival Koperasi dan UMKM terus dilaksanakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM bersama LPDB-KUMKM guna memberikan akses permodalan, investasi, kerjasama bisnis, hingga perkuatan ekosistem koperasi dan UMKM, serta lembaga inkubator.

"Festival ini merupakan tahun kedua yang kami laksanakan, selain memberikan penyaluran dana bergulir kami juga ditugaskan untuk pendampingan, kegiatan ini bagian dari pendampingan kami memberikan akses pendanaan dari investor, seperti tahun lalu juga telah banyak startup dan UMKM yang kami bina mendapatkan suntikan dana dari investor," ungkap Supomo di Jakarta, Rabu 7 Desember 2022 kemarin. 

Pada gelaran tahun ini, menghadirkan 11 investor dan juga sembilan peserta bisnis pitching yang memaparkan profil dan juga perjalanan bisnisnya di depan para calon investor. 

BACA JUGA:LPDB-KUMKM Dukung Indonesia Jadi Kiblat Ekonomi Syariah Global

BACA JUGA:Perluas Pembiayaan UMKM, LPDB-KUMKM Salurkan Dana Bergulir Rp4,9 Miliar ke Koperasi Radha Krisna Bali

Kemudian untuk pameran sendiri terdapat 55 booth tenant mulai dari koperasi, UMKM, lembaga inkubator, dan juga para startup dari berbagai sektor.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: