DPR Mulai Sebut-Sebut Calon KSAL Pengganti Laksamana TNI Yudo Margono

DPR Mulai Sebut-Sebut Calon KSAL Pengganti Laksamana TNI Yudo Margono

KSAL Laksmana TNI Yudo Margono.-(ANTARA PHOTO/M Risyal Hidayat/foc./rn)-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Calon Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) mulai disebut-sebut DPR.

Sosok calon KSAL pengganti Laksamana TNI Yudo Margono masih belum jelas.

Padahal ada 9 sosok perwira tinggi berpangkat Laksamana Madya atau jenderal bintang 3 di tubuh TNI AL.

Anggota Komisi I DPR Dave Akbarshah Fikarno mengatakan untuk calon KSAL pengganti Laksamana TNI Yudo Margono adalah hak Prerogatif Presiden Joko Widodo (Jokowi).

BACA JUGA:Laksamana Yudo Margono Bicara Soal Calon KSAL Penggantinya

Namun dia mengatakan calon KSAL yang baru harus memiliki kesamaan visi dan misi dengan Laksamana TNI Yudo Margono yang akan dilantik menjadi Panglima TNI.

"Calon Kasal berikutnya harus memahami dan searah dengan visi dan misi Panglima TNI terpilih dan Presiden Jokowi terkait pembangunan tol laut agar program tersebut tercapai," katanya, Kamis, 8 Desember 2022.

Dijelaskannya Laksamana TNI Yudo akan menjabat sebagai Panglima TNI sekitar satu tahun, sehingga banyak program berkelanjutan yang harus dijalankan.

Untuk itu, calon Kasal berikutnya harus memiliki "chemistry" dengan Laksamana Yudo untuk merealisasikan visi dan misi Panglima TNI.

BACA JUGA:Dampingi KSAL Yudo Margono Uji Kelayakan Calon Panglima TNI, Alasan Kapolri: Ini Bukti TNI-Polri Solid

"Calon Kasal harus memiliki 'chemistry' dengan Panglima TNI apalagi Laksamana Yudo berasal dari matra laut. 'chemistry' itu penting agar kebijakan searah dan sejalan," ujarnya.

Dia menilai penentuan kepala staf TNI termasuk KSAL menjadi kewenangan dari Presiden atas usul Panglima TNI, sesuai dengan amanat Pasal 14 ayat 2 Undang-Undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI.

Pasal 14 ayat 2 UU TNI menyebutkan bahwa kepala staf angkatan diangkat dan diberhentikan oleh Presiden atas usul Panglima TNI.

"Nanti Presiden akan membahas bersama Pak Yudo. Dan nanti akan disesuaikan untuk mencapai konsensus siapa yang jadi Kasal berikutnya," katanya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: