Berperan Jaga Perekonomian di Tengah Pandemi, PLN Raih Penghargaan BUMN Berprestasi

Berperan Jaga Perekonomian di Tengah Pandemi, PLN Raih Penghargaan BUMN Berprestasi

PT PLN (Persero) meraih penghargaan sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berkontribusi untuk membangun negeri, terutama dalam menjaga roda perekonomian di masa pandemi--(dok.PLN)

JAKARTA, FIN.CO.ID - PT PLN (Persero) meraih penghargaan sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berkontribusi untuk membangun negeri, terutama dalam menjaga roda perekonomian di masa pandemi.

Penghargaan sebagai BUMN Berprestasi ini diberikan secara langsung kepada PLN melalui Direktur Keuangan PLN Sinthya Roesly pada acara Metro TV "Kenduri Bagimu Negeri BUMN Berprestasi", Minggu (4/12).

BACA JUGA:Contact Center PLN 123 Borong 5 Penghargaan Gold di Global Contact Center World 2022

BACA JUGA:PLN Kebut Pemulihan Jaringan Pascaerupsi Gunung Semeru

Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Usaha Badan Usaha Milik Negara, Riset, dan Inovasi, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Montty Girianna menjelaskan, energi merupakan bagian penting dalam semua kegiatan ekonomi.

Maka itu, pasokannya mesti terjaga dan tidak boleh terganggu. Oleh sebab itu, PLN memiliki peranan yang besar dalam menjaga perekonomian nasional.

"Jadi sebetulnya, tidak boleh ada sedetik pun istilahnya pasokan energi berkurang atau istilah kerennya security energy. Ini sebetulnya peranan BUMN," katanya.

Direktur Keuangan PLN Sinthya Roesly mengatakan apresiasi ini menjadi pemicu bagi PLN terus berkontribusi bagi negara tak hanya dari sisi keuangan saja, namun juga kontribusi lain baik dari sisi keandalan pasokan listrik maupun lewat Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

BACA JUGA:Kolaborasi Gelar EV Fun Day di Bandung, PLN Siap Akselerasi Ekosistem Kendaraan Listrik

"Apresiasi yang diberikan kepada PLN hari ini kami kira bukan hanya memberikan kontribusi dalam bentuk deviden, namun kami selama pandemi kemarin juga berkontribusi menjaga keberlangsungan listrik dan memberikan stimulus dari pemerintah melalui PLN langsung ke masyarakat" ujar Sinthya.

Ia menjelaskan kontribusi secara langsung kepada masyarakat selama pandemi berupa stimulus dari pemerintah melalui PLN seperti diskon tarif listrik, tarif listrik gratis untuk masyarakat tidak mampu, maupun pembebasan abodemen.

Langkah pemerintah dan PLN tersebut mampu membantu masyarakat bertahan selama pandemi melanda dari sisi ketahanan ekonomi, serta menjadi jaring pengaman dari dampak pandemi ke masyarakat secara langsung.

"Kami juga PLN melakukan support terhadap keandalan listrik bagi rumah sakit dan pabrik oksigen pada waktu itu. Kami melalui anak usaha, memberikan dan menyuling oksigen medis ke rumah sakit. Kami juga melaksanakan TJSL ke masyarakat terdampak," tambah Sinthya.

BACA JUGA:Negara Hadir, 416 Rumah di Kabupaten Batu Bara Mendapat Bantuan Listrik PLN

Sumber: