BRI Raih Penghargaan Bank Teraktif dalam Meningkatkan Literasi Keuangan Pada LPS Banking Awards 2022

BRI Raih Penghargaan Bank Teraktif dalam Meningkatkan Literasi Keuangan Pada LPS Banking Awards 2022

Ilustrasi - Literasi keuangan kepada pelaku UMKM oleh BRI (dok. BRI)--

JAKARTA, FIN.CO.ID –- Literasi keuangan harus terus didorong untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan keuangan formal. 

Konsisten melakukan edukasi keuangan melalui Penyuluh Digital, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dinobatkan sebagai “Bank Teraktif dalam Meningkatkan Literasi Keuangan Masyarakat” pada ajang LPS Banking Awards 2022.

BACA JUGA:Unggul Dalam Pemberdayaan UMKM, BRI Sabet Dua Penghargaan BI Awards 2022

BACA JUGA:Bawa UMKM Indonesia Mendunia, BRI Selenggarakan UMKM EXPO (RT) BRILIANPRENEUR 2022

Pada malam penganugerahan yang diselenggarakan di Jakarta 29 November 2022, Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto mengungkapkan bahwa sebagai bank dengan jaringan terluas di Indonesia, BRI senantiasa untuk mendukung pemerintah mencapai target 90 persen inklusi keuangan pada 2024. 

Perseroan terus mengoptimalisasi peran penyuluh digital untuk mendampingi masyarakat mengakses berbagai layanan keuangan.

“Capaian ini merupakan bukti kerja keras Insan BRILiaN (Pekerja BRI) yang telah berdedikasi tinggi mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat Indonesia. Edukasi literasi keuangan ini menjadi bagian dari upaya kami mencapai visi sebagai Champion of Financial Inclusion pada 2025,” terangnya.

BRI menjadikan pekerjanya sebagai penyuluh digital yang setidaknya mengemban tiga tugas utama. 

BACA JUGA:BRI Fokus Pada Isu Inklusi Keuangan, Menteri BUMN Erick Thohir Apresiasi Peran BUMN Sukseskan Presidensi G-20

BACA JUGA:Akuisisi Danareksa Investment Management, BRI Tegaskan Visi The Most Valuable Banking Group in South East Asia

Pertama, mengajak dan mengedukasi masyarakat yang belum melek layanan perbankan digital sehingga lebih digital savvy, seperti bisa membuka rekening secara digital. 

Kedua, mengajari masyarakat untuk melakukan transaksi secara digital. Adapun yang ketiga yakni mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat mengenai cara mengamankan data pribadi dan data perbankan agar terhindar dari tindak kejahatan digital.

Lebih lanjut, Andrijanto menambahkan bahwa BRI terus berinovasi untuk menghadirkan layanan yang mudah diakses oleh masyarakat. 

Digitalisasi pun diperkuat, diantaranya melalui layanan Super Apps Digital Banking BRImo, aplikasi pengajuan fasilitas dan layanan kredit BRISPOT, laku pandai Agen BRILink, hingga aplikasi BRIAPI yang memungkinkan terintegrasi dengan aplikasi pihak ketiga.  

Sumber: