Honda Kembangkan Teknologi Swakemudi Level 3, Pengemudi Bisa Santai Nonton Film saat Berkendara

Honda Kembangkan Teknologi Swakemudi Level 3, Pengemudi Bisa Santai Nonton Film saat Berkendara

Honda kembangkan teknologi swakemudi level 3, Ilustrasi oleh Johnnys_pic dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Honda kembangkan teknologi swakemudi level 3, berfungsi pada kecepatan berapa pun di bawah batas legal di jalan raya.

Teknologi swakemudi level 3 dari Honda ini disebut bakal dikembangkan pada paruh kedua tahun 2020-an.

Tujuan Honda kembangkan teknologi swakemudi level 3 ini, adalah dalam upaya meniadakan angka kematian lalu lintas yang melibatkan kendaraan Honda.

Honda Motor Co Ltd pada Maret 2021 menjadi produsen mobil pertama di dunia yang menjual kendaraan dengan teknologi swakemudi level 3.

Juga dikenal sebagai otomatisasi mengemudi bersyarat, teknologi swakemudi level 3 Honda memungkinkan pengemudi untuk melakukan aktivitas di belakang kemudi.

Aktifitas di belakang kemudi yang dimaksud adalah seperti santai nonton film atau menggunakan smartphone, tetapi hanya dalam beberapa kondisi terbatas.

Sistem "Traffic Jam Pilot" level 3 Honda dapat bekerja dengan kecepatan di bawah 30 km (19 mil) per jam di jalan raya, tetap beroperasi hingga kecepatan mencapai 50 km per jam.

"Kami percaya kami dapat membantu mengurangi kecelakaan dengan mengejar teknologi level 3, yang intinya adalah tentang mobil yang tidak bertabrakan," kata insinyur Honda Mahito Shikama dalam sebuah pernyataan pers.

Honda menargetkan tingkat kematian nol terkait kecelakaan lalu lintas yang melibatkan mobil dan sepeda motor secara global pada tahun 2050.

Mahito Shikama sendiri menolak untuk mengungkapkan seberapa cepat Honda akan bisa mulai memproduksi kendaraan swakemudi level 3 secara massal.

Saat produsen mobil asal Jepang itu meluncurkan sedan Legend dengan teknologi otomasi level 3 tahun lalu, produksinya dibatasi hanya 100 unit.

Di antara para pesaingnya, Mercedes-Benz akhir tahun lalu mendapat persetujuan dari pengawas mobil KBA Jerman untuk sistem penggerak level 3-nya, demikian seperti dilaporkan Reuters.

Demikian kabar Honda kembangkan teknologi swakemudi level 3.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: