Gempa Megathrust Magnitudo 8,8 Potensinya Lebih Dahsyat Dari Gempa dan Tsunami Aceh 2004, Ini Penjelasan BRIN

Gempa Megathrust Magnitudo 8,8 Potensinya Lebih Dahsyat Dari Gempa dan Tsunami Aceh 2004, Ini Penjelasan BRIN

Ilustrasi: Gempa bumi--

BACA JUGA:Gempa Bumi Guncang Laut Banda Maluku, Begini Penjelasan BMKG

BACA JUGA:Gempa Bumi Magnitudo 5,1 Kembali Guncang Mentawai

Ia pun sudah menyebutkan gempa bumi Megathrust berpotensi menimbulkan tsunami di bagian selatan Jawa dan barat daya Sumatera, dan bisa menjalar melalui Selat Sunda, memasuki Pantai Utara Jawa dan tenggara-timur Sumatera. Lantas bagaimana lebih jauh mengenai gempa Megathrush dan seberapa besar pengaruhnya?

Dampak Mengerikan

Dampak tsunami dari gempa Megathrush bisa lebih besar dibandingkan dengan dampak tsunami yang terjadi di Aceh tahun 2004. Tsunami yang melanda Aceh pada 26 Desember 2004 menyusul gempa dengan magnitudo 9,3 di dasar Samudera Hindia menyebabkan 230 ribu orang meninggal.

Widjo mengemukakan pentingnya menanggapi serius hasil penelitian terbaru Pepen Supendi dan tim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) tentang potensi tsunami dari gempa Megathrush di selatan Pulau Jawa. 

Hasil penelitian yang terbit pada Oktober 2022 itu menyebutkan gempa bumi Megathrust dengan magnitudo 8,9 berpotensi menimbulkan tsunami setinggi 34 meter.

BACA JUGA:Foto-foto Kepulauan Mentawai Dua Kali Diguncang Gempa Bumi 6.1 Magnitudo Pagi Ini

BACA JUGA:Gempa Bumi 6.2 Magnitudo Guncang Siberut Mentawai Diikuti Gempa Susulan 5.3 Magnitudo

Melansir EOS Science News By American Geophysical Union, gempa Megathrust terjadi akibat pecahnya batas lempeng di bidang kontak dua lempeng tektonik yang bertemu di zona subduksi.

Kondisi tersebut mengakibatkan gerakan relatif antar lempeng tidak terbendung dan tekanan terkumpul di area dua lempeng, yang akan dilepaskan melalui gempa dahsyat yang disebut Megathrust.

Widjo mengatakan tsunami akibat gempa bumi Megathrust dapat menimbulkan bencana luar biasa. Karenanya daerah-daerah tepi pantai di wilayah Pulau Jawa dan Sumatra serta negara-negara di sekitar Samudra Hindia perlu meningkatkan upaya mitigasi.

Ia pun kembali menekankan strategi mitigasi bencana yang sudah ada perlu ditinjau kembali, dievaluasi, dan diperbaiki guna mengantisipasi kemungkinan terjadi tsunami akibat gempa bumi Megathrust.

BACA JUGA:Gempa Bumi Magnitudo 6,4 Guncang Mentawai

BACA JUGA:Gempa Bumi Bengkulu M 6.5 Dirasakan Kuat, Belum Ada Laporan Kerusakan

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: