Pemilu 2024, Bakal Calon Jangan 'Black Campaign'

Pemilu 2024, Bakal Calon Jangan 'Black Campaign'

Ilustrasi Pemilu 2024-Ilustrasi-twitter

“Ke depan, kami mendorong, kampanye Pilkada dilakukan dengan adu program dan gagasan. Hal ini dimaksudkan agar pelaksanaan Pemilu Legislatif (Pileg), Pemilu Presiden (Pilpres), hingga Pilkada 2024, bisa berjalan kon­dusif dan aman,” tegas dia.

Khusus di arena pilkada yang tidak memiliki petahana, lanjut Najib, para kandidat yang maju sebaiknya juga berani melanjutkan program-program kepala daerah sebelumnya.

Terutama yang ber­dampak positif bagi masyarakat. 

Menurut dia, para calon kepala daerah tak perlu merasa malu atau merasa kehilangan pendu­kung, jika melanjutkan program yang baik bagi masyarakat.

BACA JUGA:Kesaksian Korban Begal di CBL Bekasi saat Sudah Sadar, Polisi Kantongi Ciri-ciri Pelaku

“Nggak masalah kalau bakal calon gubernur memiliki pro­gram dan rencana yang tidak jauh berbeda dari sebelumnya. Sebab, masyarakat juga tidak menginginkan kalau program yang sudah berjalan baik, atau pembangunan sarana dan prasa­rana lain yang ada menjadi barang rongsokan, tanpa ada kelanjutan,” tandas dia.

Di sisi lain, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI Rahmat Bagja menuturkan, praktik politik uang dan politisasi SARA masih menjadi isu serius di Pemilu 2024. 

Karena itu, ia mengajak seluruh elemen ma­syarakat mengambil peran dalam pengawasan.

Bahkan, sambung Rahmat, mahasiswa bisa menjadi agen dalam menghadirkan pemilu bermartabat, jujur dan adil.

BACA JUGA:Motor Paspampres Dicuri di Kabupaten Bekasi, Lingkungan Rumah Sepi Tidak Ada Satpam

Pasalnya, mahasiswa pasti dapat memahami tentang pentingnya menjaga bangsa dan negara di tengah situasi kontestasi demokrasi.

“Mahasiswa bisa memban­tu menyadarkan masyarakat. Misalnya, kalau menerima uang untuk milih calon tertentu itu salah. Apalagi dalam konteks SARA, mereka harus bisa disadarkan kalau saling hujat itu tidak baik,” tutur dia.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Darul Fatah

Tentang Penulis

Sumber: