Bangun Dayak Center di IKN Nusantara, Pengamat Apresiasi Jokowi Akomodir Kearifan Lokal

Bangun Dayak Center di IKN Nusantara, Pengamat Apresiasi Jokowi Akomodir Kearifan Lokal

Jokowi disambut ribuan suku dayak di Kalimantan. (Instagram.com) --

Sebagai wujud rasa terima kasihnya kepada Suku Dayak yang telah mendukung IKN, mantan Walikota Solo itu berencana membangun Dayak Center di sekitar wilayah IKN Nusantara.

“Nanti juga atas permintaan dari suku Dayak, ada Dayak Center juga akan segera ditentukan lokasinya," kata Presiden Jokowi.

Sementara itu, salah satu organisasi masyarakat Dayak yang fokus pada pelestarian budaya Tariu Borneo Bangkule Rajakng (TBBR) menyatakan kesiapannya untuk mendukung pembangunan IKN yang tentunya tetap dengan mengakomodasi peningkatan Sumber Daya Alam (SDM) masyarakat lokal.

Panglima Jilah Pimpinan TBBR menyampaikan agar pemerintah memperhatikan Pendidikan bagi anak-anak Suku Dayak agar dapat bersaing secara global.

"Mengikuti perkembangan zaman saat ini juga kemajuan teknologi yang luar biasa, kiranya negara dapat mengakomodir peningkatan SDM bagi anak-anak Dayak khususnya di daerah-daerah pedalaman, agar mendapatkan fasilitas pendidikan yang setara dengan anak-anak di kota besar," pinta Panglima Jilah.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: