Motif Pencabutan Stiker Gereja di Tenda Pengungsian Korban Gempa Cianjur, Polda Jabar Bilang Begini

Motif Pencabutan Stiker Gereja di Tenda Pengungsian Korban Gempa Cianjur, Polda Jabar Bilang Begini

Viral sejumlah warga copot logo gereja yang terpampang di tenda bantuan korban gempa bumi Cianjur, Jawa Barat.-Screenshot Instagram/@suryoprabowo2011-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Motif pencabutan stiker gereja pada tenda pengungsian di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat yang saat ini ditangani Polda Jawa Barat (Jabar) masih menjadi pertanyaan. 

Polda Jabar menyatakan, tengah memeriksa tujuh orang terkait kasus pencabutan stiker gereja di tenda pengungsian korban Gempa Cianjur, Jawa Barat.

BACA JUGA:Bikin Ngenes, Lima Korban Gempa Cianjur Alami Gangguan Jiwa di Pengungsian

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, tujuh orang itu masih berstatus sebagai terperiksa dan belum ada penetapan tersangka dalam kasus itu.

"Tersangkanya belum, nanti akan diinfokan kalau hasil pendalaman dan pengembangannya sudah selesai," kata Ibrahim, Rabu 30 November 2022.

Sejauh ini, dia mengatakan pihaknya masih melakukan pengembangan dalam kasus itu. 

Selain itu, pihaknya juga tengah menyelidiki motif sejumlah orang tersebut yang mencabut label bertuliskan gereja di tenda pengungsian.

BACA JUGA:Viral Isu Kristenisasi di Cianjur hingga Terjadi Gempa, Benarkah?

"Karena harus diperdalam. Mau dicek nih, giatnya apa, siapa yang memotivasi, segala macam itu kan harus jelas juga, inikan masih diurai," katanya.

Sebelumnya, beredar video berdurasi 18 detik yang memperlihatkan sejumlah orang mencopot label tenda "Tim Aksi Kasih Gereja Reformed Injil Indonesia" yang menempel di atap tenda pengungsian berwarna biru.

Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermwawan menjelaskan aksi tersebut dilakukan oknum anggota organisasi masyarakat (ormas). 

Meski begitu, menurutnya bantuan sosial tersebut tetap diterima oleh masyarakat yang mengungsi.

BACA JUGA:Denny Siregar Bilang Begini Soal Lesti dan Billar Sumbang Rp500 Juta ke Korban Gempa Cianjur

Tim gabungan pencarian dan penyelamatan gempa bumi Cianjur, Jawa Barat, melaporkan jumlah pengungsi korban gempa bumi Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, per Selasa (29/11) sore mencapai 108.720 jiwa, dengan rincian pengungsi laki-laki 52,987 jiwa ,dan pengungsi perempuan 55,733 jiwa.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: