Siap-Siap! Menkes Sebut Kasus COVID-19 di Indonesia Memuncak Dalam Waktu Dekat

Siap-Siap! Menkes Sebut Kasus COVID-19 di Indonesia Memuncak Dalam Waktu Dekat

Petugas saat membersihkan ruang perawatan COVID-19 di Wisma Atlet, Jakarta.-dok fin.co.id-dok fin.co.id

IndoVac juga telah memperoleh fatwa halal dari MUI dan sertifikat halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Kementerian Agama.

BACA JUGA: Kemenkes: Stok Vaksin COVID-19 Diutamakan untuk Pelaku Perjalanan

Honesti Basyir mengaku pihaknya berkomitmen mendukung langkah dan upaya pemerintah untuk memperkuat infrastruktur kesehatan melalui kemandirian vaksin COVID-19.

"Langkah konkret ini diwujudkan Bio Farma melalui keberhasilan dalam memproduksi Vaksin IndoVac yang telah diluncurkan secara resmi oleh Presiden Joko Widodo pada 13 Oktober 2022," katanya.

Dia mengatakan program vaksinasi COVID-19 merupakan bagian dari upaya mempercepat penanganan pandemi COVID-19 di Tanah Air.

"WHO menyampaikan bahwa pandemi COVID-19 belum berakhir, terutama setelah muncul varian baru XBB yang telah terdeteksi di beberapa negara, termasuk Indonesia. Masyarakat perlu tetap memperkuat prokes dan vaksinasi, khususnya vaksin booster. Kami terus mendukung upaya pemerintah melalui produksi vaksin dalam negeri," katanya.

BACA JUGA:Tok, Vaksin Halal Covid-19 IndoVac Produksi Indonesia Resmi Digunakan

Dia menambahkan Bio Farma terus memperkuat riset dan penelitian IndoVac melalui kerja sama dengan berbagai universitas di dalam negeri dalam melakukan uji klinis.

"Dalam melakukan riset dan penelitian IndoVac, Bio Farma menggandeng tujuh fakultas kedokteran, yaitu dari Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Andalas, dan Universitas Hasanuddin untuk menjalankan uji klinis dosis primer. Selanjutnya, Universitas Padjadjaran dan Universitas Udayana untuk uji klinis dosis booster," katanya.

Sementara itu, tiga fakultas kedokteran, yaitu Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, dan Universitas Andalas sebagai pusat uji klinis vaksin IndoVac untuk anak usia 12-17 tahun.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: