JAKARTA, FIN.CO.ID - Sebagai perusahaan digital telco terdepan, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berupaya untuk selalu beradaptasi dan agile terhadap tren digital, salah satunya pada tren dunia virtual Metaverse.
Setelah diresmikan pada bulan Juli lalu, metaNesia, platform dunia virtual yang dimiliki oleh Telkom berhasil menjadi platform ekosistem metaverse pertama di Indonesia yang mengantarkannya pada penghargaan “PERTAMA DI INDONESIA” yang diberikan oleh INFOBRAND.ID dan TRAS N CO Indonesia.
Penghargaan ini dianugerahkan pada puncak acara Info Brand Awards 2022, beberapa waktu lalu.
BACA JUGA: Telkom Digi-Up Siapkan Talenta Digital Indonesia Masa Depan
CEO Media INFOBRAND Group Susilowati mengatakan bahwa penghargaan “PERTAMA DI INDONESIA” merupakan apresiasi dan pengakuan yang diberikan kepada perusahaan atas prestasi, inovasi, dan karya yang berhasil diciptakan guna meningkatkan daya jual produk atau jasa.
metaNesia mendapat penghargaan ini karena berhasil menjadi pionir di kategorinya sebagai ekosistem metaverse pertama di Indonesia.
Penghargaan “PERTAMA DI INDONESIA” diberikan bagi perusahaan yang pertama meluncurkan inovasi dan yang pertama di Indonesia setelah dilakukan validasi serta pemeriksaan.
Jadi kita melakukan proses riset terlebih dahulu terhadap penilaian yang pertama di Indonesia,” ujar Susi.
BACA JUGA: TelkomGroup Sukses Datangkan Investor Danai Startup Tanah Air Senilai Total US$399 Juta
Penghargaan ini diperoleh metaNesia setelah memenuhi tiga kriteria penilaian yang mencakup penilaian The First Aspect, yaitu perusahaan yang meraih penghargaan ini telah memenuhi unsur sebagai yang pertama di Indonesia.
Kriteria kedua adalah Evidence Aspect, yaitu nilai yang diukur berdasarkan alat bukti yang dimiliki perusahaan atau dapat divalidasi melalui pemberitaan di media sebagai yang pertama.
Kriteria terakhir adalah Validation Aspect, yang menjelaskan bahwa perusahaan terkait wajib menandatangani surat Validation Data and Disclaimer, sebagai yang pertama di Indonesia atau dibuktikan dengan Online Validation Riset melalui mesin pencari dan media sosial.
Lebih lanjut, Susi melihat ekosistem metaverse sangat baik dikembangkan dalam dunia pemasaran di era digital.
BACA JUGA: Telkom Indonesia dan Google Cloud Jalin Kolaborasi Strategis
Ia yakin saat ini banyak brand yang membutuhkan marketplace yang memanfaatkan metaverse seperti yang ditawarkan oleh metaNesia.